https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/issue/feedTeacher Professional Education Journal2025-10-28T00:00:00+07:00Abdul Qodirtpej@ftk.uinbanten.ac.idOpen Journal Systems<table class="table table-hover"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Original Title</td> <td>:</td> <td width="80%">Teacher Professional Education Journal</td> </tr> <tr valign="top"> <td>Short Title</td> <td>:</td> <td>TPEJ</td> </tr> <tr valign="top"> <td>Frequency</td> <td>:</td> <td>2 issues per year (April and October)</td> </tr> <tr valign="top"> <td>Number of Articles Per Issue</td> <td>:</td> <td>10 research and review articles per issue</td> </tr> <tr valign="top"> <td>e-ISSN</td> <td>:</td> <td><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20241015252051031" target="_blank" rel="noopener"><span style="color: rgba(0, 0, 0, 0.84);">3064-5123</span></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td>SK SINTA</td> <td>:</td> <td>N/A</td> </tr> <tr valign="top"> <td>DOI Prefix</td> <td>:</td> <td>https://doi.org/10.32678/tpej</td> </tr> <tr valign="top"> <td>Editor-in-Chief</td> <td>:</td> <td><a href="https://scholar.google.com/citations?user=orEas3oAAAAJ&hl=id" target="_blank" rel="noopener"><span style="color: rgba(0, 0, 0, 0.84);">H. M. Rifqi Rijal, M.M.Pd</span></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td>Managing Editor</td> <td>:</td> <td><a href="https://scholar.google.com/citations?user=xly-OrYAAAAJ&hl=en&oi=ao" target="_blank" rel="noopener"><span style="color: rgba(0, 0, 0, 0.84);">Abdul Qodir, M.Pd.I</span></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td>Publisher</td> <td>:</td> <td>Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SMH Banten</td> </tr> <tr valign="top"> <td>Language</td> <td>:</td> <td>Indonesian (ID) and English (UK)</td> </tr> <tr valign="top"> <td>Citation Analysis and Indexed</td> <td>:</td> <td><span style="color: rgba(0, 0, 0, 0.84);"><a href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&view_op=list_works&gmla=AH8HC4xWM_Ky4EPtfITLfpGE3sS8d3aJ3lwuGLS_NHSGUptoB-ioFNv6aXS-iz7FwnBnd04t1rT9ADshq37lvFtE1qsi3MZTLTG-&user=YPZT0b8AAAAJ" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a>, Garuda</span></td> </tr> <tr valign="top"> <td>Subject Area; Category</td> <td>:</td> <td> <p>1. Teori dan Praktik Pembelajaran : Desain, strategi, pendekatan, model, dan metode pembelajaran inovatif pada berbagai jenjang pendidikan. Integrasi teknologi dalam proses pembelajaran (digital learning, e-learning, hybrid learning, AI in education).</p> <p>2. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran : Pengembangan kurikulum nasional dan kurikulum merdeka, Evaluasi dan asesmen hasil belajar, Penguatan karakter dan profil pelajar Pancasila, Profesionalisme Guru dan Pendidik, Pengembangan kompetensi profesional guru, Praktik reflektif dan penelitian tindakan kelas (PTK), Pendidikan profesi guru (PPG) dan pelatihan peningkatan kompetensi guru.</p> <p>3. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK/RA) : Pengembangan aspek kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan moral anak usia dini, Media dan permainan edukatif dalam PAUD, Pendekatan pembelajaran holistik dan berpusat pada anak.</p> <p>4. Pendidikan Dasar dan Menengah : Pembelajaran inovatif di jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK, Penguatan literasi, numerasi, dan sains, Pembinaan karakter dan kecakapan abad 21.</p> <p>5. Evaluasi, Kebijakan, dan Manajemen Pendidikan : Kebijakan pendidikan dan implementasinya di sekolah, Manajemen pendidikan, supervisi akademik, dan kepemimpinan sekolah, Peningkatan mutu lembaga pendidikan.</p> <p>6. Inovasi dan Teknologi Pendidikan : Pemanfaatan media digital dan aplikasi pembelajaran, Pembelajaran berbasis proyek dan STEM, Inovasi pendidikan inklusif dan diferensiasi pembelajaran.</p> <p>7. Pendidikan Agama dan Nilai :Penguatan nilai-nilai spiritual, moral, dan budaya dalam proses pembelajaran, Integrasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal.</p> </td> </tr> <tr valign="top"> <td>Associate Member</td> <td>:</td> <td>N/A</td> </tr> </tbody> </table>https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12124Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Dampak Inflasi dan Penguatan Empati Sosio-Ekonomi Siswa MAN 1 Kota Serang2025-10-21T09:10:28+07:00Iin Indiyatiiendayati22@gmail.comEfwan Mursidefwan1969@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe <em>Jigsaw</em> dalam menganalisis dampak inflasi terhadap berbagai profesi serta menilai pengaruhnya terhadap peningkatan kolaborasi dan empati sosio-ekonomi siswa kelas XII MAN 1 Kota Serang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan siswa dalam memahami keterkaitan antara konsep ekonomi makro, khususnya inflasi, dengan realitas sosial yang mereka hadapi sehari-hari. Selain itu, pembelajaran ekonomi di sekolah sering kali terfokus pada aspek kognitif tanpa menumbuhkan kepedulian sosial dan kolaboratif antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain <em>classroom action research</em> (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MAN 1 Kota Serang sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi <em>Jigsaw</em> secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis dampak inflasi terhadap berbagai profesi. Selain itu, terjadi peningkatan yang nyata dalam sikap kolaboratif dan empati sosial-ekonomi antar siswa. Strategi <em>Jigsaw</em> mampu menciptakan suasana pembelajaran yang partisipatif, reflektif, dan kontekstual dengan kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Dengan demikian, model <em>Jigsaw</em> direkomendasikan sebagai strategi efektif dalam pembelajaran ekonomi yang berorientasi pada penguatan karakter kolaboratif dan empatik siswa.</p>2025-10-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Iin Indiyati, Efwan Mursidhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12131Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Iman Kepada Rasul Allah Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)2025-10-21T09:24:00+07:00Dinni MusyarofahDinnimus12@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada materi Iman kepada Rasul Allah melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Model ini merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan seluruh siswa secara aktif dalam diskusi kelompok melalui penomoran dan tanggung jawab individu dalam menjawab pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tegalwaru, Karawang, dengan jumlah peserta 28 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 70 pada pra-siklus menjadi 78 pada siklus I dan 87 pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat signifikan, ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan bertanya, berdiskusi, dan berpartisipasi selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, model Numbered Heads Together terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi Iman kepada Rasul Allah</p>2025-10-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Dinni Musyarofahhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12144Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make a Match pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karawang Wetan IV2025-10-26T10:24:33+07:00Iim Muawanahiim.Muawa12@gmail.comAbdul Qodirabdul.qodir@uinbanten.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model pembelajaran <em>Make a Match</em> di kelas V SDN Karawang Wetan IV. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa serta minimnya partisipasi aktif dalam pembelajaran PAI yang masih didominasi metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 67,15 pada pra-siklus menjadi 75,60 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 83,40 pada siklus II. Selain peningkatan hasil belajar, penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan motivasi, perhatian, dan kerja sama antarsiswa selama pembelajaran berlangsung. Temuan ini membuktikan bahwa model <em>Make a Match</em> efektif diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna.</p>2025-10-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Iim Muawanah, Abdul Qodirhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12145Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi QS. Al-Hujurat/49:13 Melalui Metode Kooperatif Learning pada Siswa Kelas IV SDN Wadas II2025-10-26T10:45:46+07:00Siti SuryahatiSitisuryahati121@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam, khususnya QS. Al-Hujurat/49:13 di kelas IV SDN Wadas II. Proses pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah membuat siswa kurang aktif, sehingga tingkat pemahaman mereka rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui penerapan metode <em>Kooperatif Learning</em>. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 20 siswa kelas IV SDN Wadas II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode <em>Kooperatif Learning</em> mampu meningkatkan rata-rata nilai siswa dari 78,12 pada siklus I dengan ketuntasan 70%, menjadi 90,5 pada siklus II dengan ketuntasan 95%. Dengan demikian, metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI serta mendorong partisipasi aktif dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran.</p>2025-10-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Siti Suryahatihttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/12151Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Teladan Mulia Al-Asmaul Husna di SDN Karawang Wetan II 2025-10-26T10:30:41+07:00Winda Sri Kusmantiwindasri203@gmail.comMuhamad Rifqi Rijalrifqi.rijal@uinbanten.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) pada materi Teladan Mulia Al-Asmaul Husna di kelas IV SDN Karawang Wetan III. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya hasil belajar dan partisipasi siswa dalam memahami nilai-nilai Asmaul Husna yang seharusnya menjadi pondasi akhlak. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus tindakan, masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas IVC. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 65,60 pada pra-siklus menjadi 73,40 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,95 pada siklus II. Selain peningkatan kognitif, terjadi juga peningkatan pada aspek afektif dan psikomotorik, seperti antusiasme, kerjasama, serta kemampuan reflektif siswa dalam mengaitkan makna Asmaul Husna dengan perilaku sehari-hari. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model <em>Problem Based Learning</em> dapat menjadi pendekatan efektif dalam pembelajaran PAI yang berorientasi pada penguatan karakter dan nilai-nilai keteladanan.</p>2025-10-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Winda Sri Kusmanti, Muhamad Rifqi Rijal