Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Malaikat dan Tugasnya di Kelas 2 SDN Jatibaru I

Main Article Content

Atu Mamduhah
M. Rifqi Rijal

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI BP, yang memerlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran edutainment terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) pada siswa kelas II di SDN Jatibaru I. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi keaktifan siswa, tes hasil belajar, dan angket keaktifan belajar. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas II di SDN Jatibaru I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode edutainment berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar siswa meningkat dari 60 % pada pra tindakan menjadi


75% pada siklus I, dan mencapai 85% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata 65 pada pra-tindakan menjadi 75 pada siklus I, dan mencapai 85 pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode edutainment yang menggabungkan unsur hiburan dan pendidikan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran edutainment dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran PAI BP di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mamduhah, A., & Rijal, M. R. . (2025). Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Malaikat dan Tugasnya di Kelas 2 SDN Jatibaru I. Teacher Professional Education Journal, 2(1), 1–9. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/11880
Section
Articles

References

Ali, A., & Al-Mohammad, M. (2022). Pengaruh Strategi Edutainment terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 15(2).

Fatimah, S., & Rahmawati, R. (2020). Edutainment sebagai Strategi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 15(1).

Lestari, T. S., & Syafitri, D. (2020). Dampak Pembelajaran Berbasis Edutainment terhadap Perkembangan Kognitif dan Afektif Siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2).

Rizki, F., & Hartono, B. (2021). Pengaruh Game Edukasi terhadap Prestasi Belajar PAI. Jurnal Studi Islam, 9(3).

Yuliana, A., & Wulan, R. (2022). Media Edutainment dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(4).

Zhang, L., Wang, X., & Chen, J. (2021). Dampak Edutainment terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 104 (3).