Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Kisah Keteladanan Nabi Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture pada Siswa Kelas X SMAN 1 Tegalwaru
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran Agama Islam tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas dengan bekerja dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar PAI materi kisah keteladanan nabi melalui model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas X SMAN 1 Tegalwaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Hasil penelitiannya yaitu dari seluruh rangkaian kegiatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas X SMAN 1 TEGALAWARU, Muara Jambu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dapat disimpulkan pula bahwa hipotesis tindakan yang telah diuraikan di atas dapat diterima.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmadi, Abu. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001.
Arikunto, Suharsimi et al. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Darwiansyah. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Faza Media, 2006.
Departemen Pendidikan Nasional, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, Jakarta: Depdiknas, 2003.
Departemen Pendidikan Nasional, silabus mata pelajaran PAI, Jakarta.
Hidayatullah. Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Thariqi Press, 2012.
I.G.A.K Wardani, et al. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka, 2006.
Kunandar. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rajawali Pers, 2008.
Muhibin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2010.
Nana Sujana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2009.
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Putu Ari Susanti, Ni Nyoman Kusmariyani. (2017), Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (2).