Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Materi Salat Sunah Rawatib dengan Metode Problem Solving di MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran Fiqh, khususnya materi Shalat Sunah Rawatib, di kelas III MIS Nurul Falah 1 Mekarjaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode problem solving dalam proses belajar mengajar. Penelitian dilakukan melalui dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem solving efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar mereka. Observasi, wawancara, dan angket digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggambarkan hasil belajar siswa melalui persentase. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kerjasama antara guru, pihak sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru perlu menguasai materi dengan baik, menyusun pembelajaran yang terstruktur, dan terus mengembangkan diri. Sekolah perlu memberikan motivasi dan dukungan, serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Kolaborasi yang kokoh antara semua pihak dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Ahmadi Abu dan Supriyono Widodo, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Alwan Asyik, Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca al Qur’an Surat al-‘ Alaq dengan Metode Drill And Practicedi Kelas V Semester II Madrasah Ibtidaiyah Ky Ageng Giri Banyumeneng Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011, IAIN Walisongo Semarang, 2011.
Arief Armai, Pengantar Ilmudan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press. 2001.
Arikuntho Suharsimi dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2011, cet. kesepuluh
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2006, Cet. 13
Arikunto Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta :Bumi Aksara, 2002) Cet. 3
B Uno Hamzah dan Nurdin Muhammad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Jakarta, PT Bumi Aksara, 2011)
Charisma Moch, Tiga Aspek Kemu’jizatan Al-Qur’an, (Surabaya: Bina Ilmu, 1992)
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta, PT Rineka Cipta, 2010) cet keempat dkk
Dasuki Hafidz Abdul., Qur’an dan Terjamahnya (Madinah : Lembaga Percetakan Al Qur’an Raja Fahd, 1990.
Hasan Hafidz Al Mas’udi, Minhatul Mughiits( Semarang : Pustaka Al Alawiyyah, 1988) http://sarahdevina.wordpress.com/2010/06/04/cai-drill-practice/
Iryawan Anitah Sri dan Th Noorhadi., Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: UniversitasTerbuka, 2000.
Kailani Muhammad, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Semarang: CV Karya Thoha Putra, 1998.
Lutfi Ahmad, Pembelajaran Al Qur’an dan Hadits, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,( Jakarta 2009)
Maemunah Siti, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an dan Hadits Surat Al-Humazah dengan Metode Drill And Practice Pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Kedawung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang” IAIN Walisongo Semarang 2012
Majid Abdul , Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Study Kompetensi Guru, Bandung: PT. Rosda Karya, 2006.
Marjito Imam, Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu baca Al-Qur'an, Semarang: Koordinator Pendidikan Al-Qur'an "Metode Qiraati" cabang Kota Semarang, t.th.)
Margono S., Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2004) Cet. 4
Mulyasa E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Konsep, Karakteristik dan Implementasi), Bandung: P.T. Remaja Rosda Karya, 2004.
Nazir Moh, Metode Penelitian, Bogor, Ghalia Indonesia 2011
Pasaribu, U dan Simanjuntak B., Didaktik dan Metodik, (Bandung: Tarsito, 1986)
Purwanto Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Bina Aksara, 1985.
Saminanto, Ayo Praktik Penelitian Tindakan Kelas, (Semarang, Rasail Media Group, 2010.
Shohibi, Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Al Quran Hadits Siswa Kelas V MI Tarbiyatusysyubban Kalimulyo Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2009 / 2010 Melalui Penggunaan Metode Drill, Semarang: IAIN Walisongo, 2010.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Sugiono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D ,Bandung : Alfabeta, 2007)
Suryabrata Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta Raja Grafindo Persada, 2001.
Suryabrata Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Thoha Chabib M., Teknik Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada, 2001.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Group, 2010) cet ke-2.
Wjs Poerwadarminto,., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka 2006
Wiriaatmadja Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas: Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Zuhairini, et-al, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Zuriah Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2006.