Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas 1 Sdn Bayur Kidul III Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang

Isi Artikel Utama

Casroni
Ahmad Fahroji

Abstrak

Al-Qur’an merupakan Kalamullah (kitab suci) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai mu’jizat yang terbesar, dimana didalamnya terdapat pedoman dalam mencapai kebahagiaan hidup yang hakiki. Maka kewajiban setiap muslim diseluruh penjuru dunia untuk membaca, menghayati, serta mengamalkannya. Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan kemampuan penting pada fase awal guna memahami isi kandungan Al-Qur’an. Kemampuan ini juga memiliki keterkaitan erat dengan ibadah-ibadah ritual kaum kuslim, seperti pelaksanaan shalat, haji dan kegiatankegiatan berdo’a lainnya. Dalam pelaksanaan sholat atau haji misalnya, tidak sah hukumnya bila menggunakan bahasa selain bahasa Al-Qur’an (Bahasa Arab). Pengajaran Al-Qur’an merupakan pondasi utama pengajaran bagi disiplin ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah dengan media Kecamatan Cilamaya Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.  Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran alat peraga berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tahap refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh nilai 73 dengan kategori  cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89 dengan kategori baik. Sedangkan nilai aktifitas peserta didik pada siklus I yaitu 72 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 92 dengan kategori sangat baik dan alat peraga kartu gambar dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah peserta didik di kelas I SD Negeri Bayur Kidul III. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik 69,52 dengan kriteria kurang. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 73,91 dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 80,04 dengan kriteria baik.  Sedangkan peningkatan persentase belajar peserta didik pada peran alat peraga kartu gambar dalam meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah meningkat disetiap siklusnya yaitu pada pra siklus 30%, pada siklus I diperoleh persentase 57%, meningkat menjadi 83% pada siklus II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Casroni, & Fahroji, A. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas 1 Sdn Bayur Kidul III Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Teacher Professional Education Journal, 2(1), 10–19. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/tpej/article/view/11881
Bagian
Articles

Referensi

Abu Hanifah. (1981), Cara Belajar dan Menulis Huruf Al-Qur’an, Semarang, Toha Putra.

Abu Ahmadi, Widodo Supriyono, (2004). Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmad Syarifuddin. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur'an, Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

Dahlan. Bimbingan Mengenal Huruf Al-Quran, ttp. Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka

Depag RI. (1971). Al-Quran dan Terjemahnya, Jakarta.

IAIN Raden Fatah, Program Kualifikasi, Pedoman Penulisan Skripsi berbasis PTK, Fak.Tarbiyah IAIN Rd.Fatah, Palembang, 2009.

Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid. (2003). Mendidik Anak Bersama Nabi, terj., Salafuddin Abu sayyid, Solo: Pustaka Arafah.

Mulyono Abdurrahman. (2000), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Otong Surasman. (2002), Metode Insani Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar, Jakarta : Gema Insani.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Team Tadarrus AMM, Kumpulan Seratus Hadits. (1994). Yogyakarta: Penerbit Team Tadarrus AMM.

Wahyu Widayana, SQ. (2008). Metode Qurani, Cara Cepat, Cermat dan Akurat Kuasai Baca Al-Quran, Jakarta, Cahaya Hati.