Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Materi “Meraih Kesuksesan Dengan Kompetisi Dalam Kebaikan dan Etos Kerja“ Kelas X SMK PGRI Lemahabang Tahun Pelajaran 2024/2025
Isi Artikel Utama
Abstrak
Guru di kelas masih berperan sebagai pusat pembelajaran dan siswa dibiarkan duduk, dengar, catat dan hafal. Siswa di kelas tidak dibiasakan untuk belajar secara aktif. Guru belum maksimal dalam menggunakan model yang tepat untuk melibatkan siswa secara langsung, sehingga siswa terbiasa diam, takut mengeluarkan ide atau pendapat dan tidak berani bertanya. Aktivitas belajar siswa yang rendah tersebut berpengaruh terhadap hasil belajarnya yang cenderung rendah. Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan salah satu model pembelajaran inovatif, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik materi “meraih kesuksesan dengan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja“ kelas X SMK PGRI Lemahabang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini yaitu setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK PGRI Telagasari dengan menggunakan model Problem Based Learning sebagai upaya peningkatan prestasi belajar PAI materi Meraih kesuksesan dengan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja. Penelitian ini untuk mengetahui perkembangan peserta didik agar prestasinya meningkat dengan melalui penelitian siklus 1 dan siklus 2.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Azhar Arsyad. (2003). Media Pembelajaran, Jakarta : PT Radja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran, (1996). Jakarta: Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta.
Mulyasa. Menjadi Guru Profesional, (2005), Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rohani Ahmad, Abu Ahmadi. (1995). Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Soekamto dan Winataputra. (1997). Teori Belajar dan Metode-Metode Pembelajaran Jakarta direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 2005, Bandung: Remaja Rosdakarya
Winkel,W.S. (1991), Psikologi Pengajaran, 1991, Jakarta : Grasindo.
Muslimin Ibrahim, dkk., Pembelajaran Kooperatif, 2000, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA UnXersity Press.