Pengembangan kurikulum S.1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten dilandasi
oleh nilai-nilai teologis, filosofis, kultural, sosiaogis, psikologis, dan landasan yuridis.
University Value:
Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari UIN SMH Banten, segenap warga
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten dalam pelaksanaan tugas,
fungsi dan tanggungjawabnya menerapkan sembilan tata nilai yang dianut UIN
SMH Banten, yaitu :
a. Religius. Menciptakan budaya religius, yaitu komitmen pada nilai-nilai Islam sebagai
rahmatan lil ‘alamin.
b. Akademis. Menciptakan tradisi ilmiahdengan melahirkan kepakaran dalam disiplin ilmu
sesuai dengan jurusan dan program studinya
c. Mandiri. Mampu mengerjakan tugas dan kewajiban dengan motivasi sendiri tanpa bantuan
orang/pihak lain serta mampu mandiri secara ekonomi.
d. Amanah dan Tanggung Jawab. Melahirkan insan yang terpercaya dan dipercaya oleh
masyarakat dan melaksanakan kerja dengan penuh tanggung jawab sehingga memberikan
rasa aman dan nyaman terhadap mitra kerja.
e. Profesional. Melaksanakan setiap tugas secara profesional sehingga menghasilkan output
yang efektif, tuntas dan tepat sasaran.
f. Kerja Keras. Bekerja dengan keras dan sepenuh hati.
g. Disiplin. Menciptakan budaya disiplin dengan komitmen menghargai waktu dan tepat
waktu.
h. Inklusif. Terbuka terhadap setiap budaya dari luar yang positif yang tidak bertentangan
dengan nilai-nilai universal Islam.
i. Ukhuwah. Mengedepankan persaudaraan dan silaturrahim sebagai basis dalam bertugas,
toleransi, dan lapang dada.
Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran:
Sikap dan Tata Nilai
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,
moral, dan etika; - Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pansacila; - Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa; - Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
pendapat atau temuan orisinal orang lain. - Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat
dan lingkungan; - Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri; dan - Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humanisme yang sesuai dengn bidang keahliannya - Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahun teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan
kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik
seni - Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas
akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi - Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat
baik di dalam maupun di luar lembaganya - Mampu melakukan proses evaluasi pembelajaran yang telah dilaskanakan dan mengembangkan
instrumennya - Mampu menerapkan pengetahuan tata bahasa Arab dari level dasar hingga lanjut dalam empat
keterampilan bahasa Arab (menyimak, membaca, berbicara dan menulis) dengan berbagai
macam pendekatan yang efektif dan efisien dengan baik dan komprehensif.
Keterampilan Khusus
a. Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam menyusun perangkat
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis
teknologi informasi dan komunikasi secara efektif
b. Mampu menggunakan empat keterampilan berbahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan
c. Mampu menjadi penerjemah yang professional
d. Mampu menjadi entrepreneur dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab.
Pengetahuan
a. Mampu menjelaskan tentang gaya bahasa dalam penggunaannya pada pembelajaran bahasa
Arab di sekolah/madrasah dengan tepat dan benar
b. Mampu menjelaskan tentang dasar-dasar pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan
Hadits
c. Mampu menjelaskan secara mendalam tentang karakteristik peserta didik dari aspek fisik,
psikologi, sosial dan kultural
d. Mampu menerapkan teori kepemimpinan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di
sekolah/madrasah dengan tepat
e. Mampu mengimplementasika ilmu-ilmu bahasa Arab dalam menerjemahkan bahasa Arab
ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya dengan benar
f. Mampu menjelaskan landasan filosofis dari dasar-dasar negara
g. Mampu menyampaikan gagasan secara lisan dan tulisan dengan menggunakan bahasa Arab
secara baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan non akademik
h. Mampu menjelaskan landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, cultural, psikologi dan
empiris dalam penyelenggaraan pendidikan di masyarakat secara tepat
MATRIKS DAN PETA KURIKULUM (STRUKTUR KURIKULUM)
Organisasi mata kuliah atau peta kurikulum tersusun dalam struktur yang logis dan sistematis sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi PBA. Tahapan penyusunan struktur kurikulum dalam bentuk organisasi matriks mata kuliah per semester adalah dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Tahapan pembelajaran mata kuliah yang direncanakan dalam usaha memenuhi capaian pembelajaran lulusan;
- Ketepatan letak mata kuliah yang disesuaikan dengan keruntutan tingkat kemampuan dan integrasi antar mata kuliah baik secara
vertikal maupun horisontal; - Beban belajar mahasiswa secara normal antara 8–10 jam per hari per minggu yang setara dengan beban 17-21 SKS per semester.
- Proses penyusunannya melibatkan seluruh dosen PBA dan selanjutnya ditetapkan oleh jurusan PBA serta melibatkan pihak fakultas