DIMENSI-DIMENSI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN (STUDI AL-QUR’AN SURAH AL-‘ALAQ AYAT 1-5)

Authors

  • Hafid Rustiawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hasbullah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10025
Statistics: Abstract viewed : 448 times | pdf downloaded : 220 times

Keywords:

Tafsir, Suroh, Al’Alaq

Abstract

Surah al-Alaq ayat 1-5 adalah wahyu yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad saw melalui Malaikat Jibril. Sebagai wahyu pertama, sejatinya, wahyu tersebut syarat dengan pendidikan, mengingat Rasulullah saw akan segera diutus untuk dijadikan sebagai Nabi dan Rasul terakhir, yang akan diberi tugas untuk menyampaikan wahyu kepada seluruh umat manusia. dalam kapasitas tersebut, Rasulullah saw membutuhkan pembekalan, baik untuk kepentingan pribadi beliau, maupun yang terkait dengan tugas-tugasnya sebagai seorang Rasul, terlebih jika dikaitkan dengan kondisinya yang juga dikategorikan sebagai seorang ummi. Tulisan ini bertujuan untuk memahami kandungan surah al-‘Alaq (1-5) pada dimensi pendidikan, sehingga dalam menguraikan ayat tersebut, tidak hanya sekedar pada aspek makna yang terkandung secara teks, tetapi juga secara konteknya yang dipahami berdasarkan teori-teori pendidikan. Pemahaman tersebut menjadi penting guna dijadikan referensi dalam kajian ilmu pendidikan secara teoritis, dan menjadi landasan dalam pendidikan secara praktik, sehingga pendidikan yang diimplementasikan sesuai dengan yang dikehendaki al-Qur’an. Dalam memahami al-Qur’an surah al-‘Alaq ayat 1-5, penulis menggunakan studi pustaka (library research), yaitu suatu kajian yang mendalam dengan merujuk kepada kitab-kitab tafsir hasil karya para ulama terdahulu sebagai sumber primer dan dan buku-buku pendidikan yang merupakan buah karya para ahli Pendidikan yang jadi sumber sekundernya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah menggunakan metode deduktif dan induktif dengan aanalisis tekstual dan kontekstual. Simpulan yang didapatkan dari penelaahan surah al-‘Alaq ayat 1-5  mencakup beberapa dimensi pendidikan yakni unsur pendidik/guru, yaitu Jibril,  unsur peserta didik, yaitu Nabi Muhammad SAW, proses belajar mengajar atau interaksi pembelajaran yang terjadi antara Nabi Muhammad SAW sebagai peserta didik Jibril sebagai pendidik, unsur tujuan pendidikan, yakni menanamkan dan mengokohkan keimanan kepada Allah SWT. Sumber belajar yang mencakup yang manqulat (diwahyukan) dan yang ma’qulat (kauniyah), macam-macam pendidikan wahyu pertama (al-Alaq: 1-5) mencakup pendidikan akidah, pendidikan akal, pendidikan keterampilan membaca dan pendidikan keterampilan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Rustiawan, H., & Hasbullah. (2024). DIMENSI-DIMENSI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN (STUDI AL-QUR’AN SURAH AL-‘ALAQ AYAT 1-5). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 65–82. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.10025

Issue

Section

Articles