Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfidz dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Hafalan Al-Quran Siswa di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11398


Keywords:
program tahfidz al-Quran, kemampuan menghafal, evaluasi pelaksanaan, sekolah dasar, peningkatan kapasitas hafalanAbstract
Program Tahfidz Al-Quran merupakan salah satu upaya strategis untuk mendukung pengembangan kemampuan hafalan siswa di sekolah. Pentingnya evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan program tahfidz, terutama di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menjadi dasar yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana program tahfidz mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan Al-Quran peserta didik. Metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi digunakan dalam penelitiaan ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program tahfidz meningkatkan kemampuan menghafal siswa, baik dari segi kualitas bacaan maupun semangat belajar. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti batas waktu menghafal dan perbedaan dalam kemampuan menghafal siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program tahfidz di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto berjalan lancar. Namun, untuk mencapai hasil yang lebih baik, perlu dilakukan peningkatan dalam pelaksanaanya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shibyan Heryawan, Darodjat Darodjat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.