Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfidz dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Hafalan Al-Quran Siswa di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Authors

  • Shibyan Heryawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Darodjat Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11398
Statistics: Abstract viewed : 7 times | pdf downloaded : 25 times

Keywords:

program tahfidz al-Quran, kemampuan menghafal, evaluasi pelaksanaan, sekolah dasar, peningkatan kapasitas hafalan

Abstract

Program Tahfidz Al-Quran merupakan salah satu upaya strategis untuk mendukung pengembangan kemampuan hafalan siswa di sekolah. Pentingnya evaluasi terhadap efektivitas pelaksanaan program tahfidz, terutama di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menjadi dasar yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana program tahfidz mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan Al-Quran peserta didik. Metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi digunakan dalam penelitiaan ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program tahfidz meningkatkan kemampuan menghafal siswa, baik dari segi kualitas bacaan maupun semangat belajar. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti batas waktu menghafal dan perbedaan dalam kemampuan menghafal siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program tahfidz di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto berjalan lancar. Namun, untuk mencapai hasil yang lebih baik, perlu dilakukan peningkatan dalam pelaksanaanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Heryawan, S., & Darodjat. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfidz dalam Upaya Peningkatan Kapasitas Hafalan Al-Quran Siswa di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 91–104. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11398

Issue

Section

Articles