Analisis Relevansi Larangan Tasyabbuh dengan Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11693


Keywords:
larangan tasyabuh, hadits, relevansi, pendidikanAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk memahami keterkaitan antara larangan berbuat tasyabbuh dengan pendidikan, sehingga dalam menjelaskan hadits-hadits terkait tasyabbuh, tulisan ini tidak hanya sekedar mengelaborasi aspek makna yang terkandung secara tekstual, tetapi juga menjelaskan berbagai dampak yang dapat ditimbulkan dari perbuatan tasyabbuh itu sendiri. Dalam memahami hadits tentang larangan tasyabbuh, penulis menggunakan studi pustaka (library research), yaitu suatu kajian yang mendalam dengan merujuk kepada karya tulis para ulama terdahulu sebagai sumber primer dan dan buku-buku pendidikan yang merupakan buah karya para tokoh di bidang pendidikan sebagai sumber sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode deduktif dan induktif dengan analisis tekstual dan kontekstual. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa larangan tasyabbuh dalam hadits Nabi saw relevan dengan pendidikan Islam karena larangan tersebut dapat mendorong terciptanya sebuah proses dan hasil pendidikan yang baik, sesuai dengan tujuan dari pendidikan, baik pendidikan fisik, pendidikan akidah, ibadah, pendidikan akhlak, demikian pula dalam pendidikan akal (intelektual) dan pendidikan sosial. Sebaliknya jika tasyabbuh tidak dilarang, maka bukan hanya menjadi penghambat bagi dunia pendidikan, tetapi akan merusak tatanan serta kehidupan manusia secara umum karena perbuatan tasyabbuh akan menjadikan kehidupan manusia kehilangan arah dan pedoman seperti binatang yang penuh dengan penyakit berbahaya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hafid Rustiawan, Repa Hudan Lisalam, Hasbullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.