Analisis Relevansi Larangan Tasyabbuh dengan Pendidikan Islam

Penulis

  • Hafid Rustiawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Repa Hudan Lisalam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hasbullah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11693
Statistics: Abstrak viewed : 0 times | pdf (English) downloaded : 1 times

Kata Kunci:

larangan tasyabuh, hadits, relevansi, pendidikan

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk memahami keterkaitan antara larangan berbuat tasyabbuh dengan pendidikan, sehingga dalam menjelaskan hadits-hadits terkait tasyabbuh, tulisan ini tidak hanya sekedar mengelaborasi aspek makna yang terkandung secara tekstual, tetapi juga menjelaskan berbagai dampak yang dapat ditimbulkan dari perbuatan tasyabbuh itu sendiri. Dalam memahami hadits tentang larangan tasyabbuh, penulis menggunakan studi pustaka (library research), yaitu suatu kajian yang mendalam dengan merujuk kepada karya tulis para ulama terdahulu sebagai sumber primer dan dan buku-buku pendidikan yang merupakan buah karya para tokoh di bidang pendidikan sebagai sumber sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode deduktif dan induktif dengan analisis tekstual dan kontekstual. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa larangan tasyabbuh dalam hadits Nabi saw relevan dengan pendidikan Islam karena larangan tersebut dapat mendorong terciptanya sebuah proses dan hasil pendidikan yang baik, sesuai dengan tujuan dari pendidikan, baik pendidikan fisik, pendidikan akidah, ibadah, pendidikan akhlak, demikian pula dalam pendidikan akal (intelektual) dan pendidikan sosial. Sebaliknya jika tasyabbuh tidak dilarang, maka bukan hanya menjadi penghambat bagi dunia pendidikan, tetapi akan merusak tatanan serta kehidupan manusia secara umum karena perbuatan tasyabbuh akan menjadikan kehidupan manusia kehilangan arah dan pedoman seperti binatang yang penuh dengan penyakit berbahaya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Rustiawan, H. ., Lisalam, R. H., & Hasbullah. (2025). Analisis Relevansi Larangan Tasyabbuh dengan Pendidikan Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 139–160. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11693

Terbitan

Bagian

Articles