Pengaruh Keterampilan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Authors

  • Rika Nur Hibatul azizah UIN SMH Banten
  • Luthfi Luthfi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1311
Statistics: Abstract viewed : 141 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 104 times

Keywords:

Akidah Akhlak, keterampilan penguatan, motivasi belajar siswa

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui siswa mendapatkan penguatan pada mata pelajaran akidah akhlak, mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlakdi kelas IX MTsN 1 Kota Serang, untuk mengetahui adakah pengaruh antara keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTsN 1 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,98. Hal ini menunjukkan bahwa antara keterampilan penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTsN 1 Kota Serang terdapat pengaruh yang sangat tinggi. Adapun besarnya pengaruh keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 96,04% dan sisanya sebesar 3,96% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-01-16

How to Cite

Hibatul azizah, R. N., & Luthfi, L. (2019). Pengaruh Keterampilan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 201–214. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1311