Pengaruh Keterampilan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1311


Kata Kunci:
Akidah Akhlak, keterampilan penguatan, motivasi belajar siswaAbstrak
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui siswa mendapatkan penguatan pada mata pelajaran akidah akhlak, mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlakdi kelas IX MTsN 1 Kota Serang, untuk mengetahui adakah pengaruh antara keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTsN 1 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,98. Hal ini menunjukkan bahwa antara keterampilan penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTsN 1 Kota Serang terdapat pengaruh yang sangat tinggi. Adapun besarnya pengaruh keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 96,04% dan sisanya sebesar 3,96% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.