Pengaruh Keterampilan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Penulis

  • Rika Nur Hibatul azizah UIN SMH Banten
  • Luthfi Luthfi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1311
Statistics: Abstrak viewed : 141 times | PDF downloaded : 104 times

Kata Kunci:

Akidah Akhlak, keterampilan penguatan, motivasi belajar siswa

Abstrak

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui siswa mendapatkan penguatan pada mata pelajaran akidah akhlak, mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlakdi kelas IX MTsN 1 Kota Serang, untuk mengetahui adakah pengaruh antara keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTsN 1 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,98. Hal ini menunjukkan bahwa antara keterampilan penguatan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTsN 1 Kota Serang terdapat pengaruh yang sangat tinggi. Adapun besarnya pengaruh keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 96,04% dan sisanya sebesar 3,96% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-01-16

Cara Mengutip

Hibatul azizah, R. N., & Luthfi, L. (2019). Pengaruh Keterampilan Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 201–214. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1311

Terbitan

Bagian

Articles