TEOLOGI PENDIDIKAN : STUDI ANALISA PENGUATAN DALAM KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • MALIK FATONI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstract viewed : 245 times | PDF (Bahasa Indonesia) downloaded : 742 times

Keywords:

Teologi, Islam, pendidikan dan karakteristik

Abstract

Pendidikan sering dimaknai sebagai Suatu Usaha Sadar yang dilakukan oleh Pendidik terhadap Peserta Didik dalam upaya memberikan pengetahuan, pendidikan dan pengajaran untuk mencapai kebahagian  dan tujuan hidup yang hakiki. Tujuan kebahagaian hidup yang hakiki adalah yang meliputi terpenuhinya aspek jasmani dan rohani. Islam sebagai sebuah kekuatan doktrinal memiliki esensi keduanya.  Pendidikan dalam Islam adalah pendidikan yang di dasarkan pada ajaran islam, Islam sebagai sebuah ajaran agama yang diajarkan dan di bawa oleh Muhammad SAW, berisikan seperangkat ajaran tentang kehidupan manusia, ajaran yang dirumuskan berdasarkan sumber pada al-quran dan hadits serta berdasarkan pemaparan rasio akal. Sehingga perwujudan dan penguatan yang didapat dalam pendidikan Islam haruslah mencakup aspek jasmani dan rohani.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

MALIK FATONI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Published

2017-02-06

How to Cite

FATONI, M. (2017). TEOLOGI PENDIDIKAN : STUDI ANALISA PENGUATAN DALAM KARAKTERISTIK PENDIDIKAN ISLAM. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 51–68. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/228

Issue

Section

Articles