Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Studi di SMK IT AL-HALIM Bojong Pandeglang

Authors

  • Fia Nuraeni UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nana Surya Permana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v7i2.3608
Statistics: Abstract viewed : 175 times | pdf (Bahasa Indonesia) downloaded : 170 times

Keywords:

Pembelajaran, Visualization, Auditory, Kinestetic, Kreativitas, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu untuk upaya untuk menciptakan peran aktif dan hasil belajar siswa adalah dengan penerapan model yang bervariasi. Salah satu contoh model yang digunakan adalah pembelajaran dengan model visualisasi, auditori, kinestetik yang selanjutnya disingkat model VAK. Model ini difokuskan pada pemberian pengalaan belajar secara langsung (direct experimence) dan menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untu mengetahui seberapa tinggi pengaruh penggunaan model pembelajaran pembelajaran VAK (visualisasi, auditori, kinestetik) Dan Kreativitas siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMK Al-Halim Bojong Pandeglang.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan design Quasi experiment yaitu pretest-Post-test  Control group Design. Terdapat 2 kelompok yang dipiliih, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperiment yaitu pembelajaran yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran VAK (visualisasi, auditori, kinestetik) dan kreativitas siswa dan kelompok kontrol menda patkan perlakuan dengan   model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Dan Kreativitas Siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Selain itu terdapat perbedaan hasil belajar PAI dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Dan Kreativitas Siswa dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Dan Kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-11

How to Cite

Nuraeni, F., Permana, N. S., & Gunawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Studi di SMK IT AL-HALIM Bojong Pandeglang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 137–163. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v7i2.3608