Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Studi di SMK IT AL-HALIM Bojong Pandeglang
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v7i2.3608


Keywords:
Pembelajaran, Visualization, Auditory, Kinestetic, Kreativitas, Hasil BelajarAbstract
Salah satu untuk upaya untuk menciptakan peran aktif dan hasil belajar siswa adalah dengan penerapan model yang bervariasi. Salah satu contoh model yang digunakan adalah pembelajaran dengan model visualisasi, auditori, kinestetik yang selanjutnya disingkat model VAK. Model ini difokuskan pada pemberian pengalaan belajar secara langsung (direct experimence) dan menyenangkan.Penelitian ini bertujuan untu mengetahui seberapa tinggi pengaruh penggunaan model pembelajaran pembelajaran VAK (visualisasi, auditori, kinestetik) Dan Kreativitas siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMK Al-Halim Bojong Pandeglang.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan design Quasi experiment yaitu pretest-Post-test Control group Design. Terdapat 2 kelompok yang dipiliih, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperiment yaitu pembelajaran yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran VAK (visualisasi, auditori, kinestetik) dan kreativitas siswa dan kelompok kontrol menda patkan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Dan Kreativitas Siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Selain itu terdapat perbedaan hasil belajar PAI dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Dan Kreativitas Siswa dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Dan Kreativitas siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.