Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI
Studi Eksperimen di SMK Negeri 1 Puloampel Kabupaten Serang
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v7i2.3611


Keywords:
Model Pembelajaran, Problem-Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis, Hasil Belajar PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel (2) Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMK Negeri 1 puloampel. (3) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMK Negeri 1 Puloampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 96 siswa di SMKN 1 Puloampel Kabupaten Serang T.P. 2019/2020. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa dimana 32 siswa sebagai kelompok eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan 32 siswa sebagai kelompok yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata nilai peserta didik dikelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa yang di kelas kontrol. Nilai rata-rata dari kelas eksperiment 83,69. Sedangkan jumlah nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 78,44. (2) Rata-rata nilai peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis dikelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa yang di kelas kontrol. Nilai rata-rata dari kelas eksperimen 83,19. Sedangkan jumlah nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 77,56. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI, dengan nilai Sig. = 0,049 < 0,05 dan Fhitung = 4,025.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.