PENDEKATAN SUBJEK AKADEMIS DAN HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i2.4947


Keywords:
pendekatan subyek akademis, humanistik, kurikulum, pendidikan agama islamAbstract
Kurikulum merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan juga sebagai pedoman dalam peroses pembelajaran. Banyak pendekatan dalam pengembangan kurikulum, namun selama ini dalam pengembangan pendidikan agama Islam lebih banyak menggunakan pendekatan subjek akademis dan humanistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendekatan subjek akademis dan humanistik dalam pengebangan kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini berbasis pada studi kepustakaan dengan data yang berasal dari sumber-sumber pustaka, baik jurnal penelitian, buku dan dokumen lain yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitan ini mengungkapkan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam menggunakan pendekatan subjek akademis sesuai dengan substansi pendidikan agama Islam itu sendiri yang berisi ajaran agama yang tersusun secara sistematis untuk diwariskan kepada peserta didik. Pendekatan humanistik merupakan pendekatan yang berlandaskan ide memanusiakan manusia sesuai dengan potensi-potensi yang Allah berikan kepada setiap manusia, sehingga peserta didik mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dan berkembangan sesuai dengan fitrahnya dan menjadi hamba Allah yang beriman dan bertaqwa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.