ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN


Keywords:
active learning, kualitas pembelajaranAbstract
Active learning adalah suatu pembelajaran yang mengajak siwa/mahasiswa untuk belajar secara aktif. Ketika mereka belajar secara aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif ini, siswa/mahasiswa diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran. Dengan cara ini biasanya siswa/mahasiswa akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan.
Active learning sangat diperlukan oleh siwa/mahasiswa untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Ketika siwa/mahasiswa pasif, atau hanya menerima dari guru/dosen, ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah ia terima.
Ciri-ciri active learning, antara lain : 1) Interaktif, 2) Memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, 3) Menantang, 4) Guru memberikan keteladanan. Ada beberapa strategi active learning yang bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab atau mata pelajaran yang lain, diantaranya yaitu: 1) Al-Taa’ruf ma’a al-ashdiqa, 2) Al-Qira’ah al-Muwajjahah, 3) Ta’bir al-Kalimat al-Fabi’iyyah, 4) Yal’ab Daur al-mudarris, 5) Bithaqat Muzaawijah, 6) Tartib al-Nash, 7) Al-Ta’allum al-ta’awuniy, 8) Al-Ta’lim bi uslubaini, 9) Ikhtiyar al-Jumal dan 10) Uslub Kurati al-Tsalji.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.