ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Penulis

  • Ali Maksum, Umi Hani UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Statistics: Abstrak viewed : 232 times | pdf (English) downloaded : 222 times

Kata Kunci:

active learning, kualitas pembelajaran

Abstrak

Active learning adalah suatu pembelajaran yang mengajak siwa/mahasiswa untuk belajar secara aktif. Ketika mereka belajar secara aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif ini, siswa/mahasiswa diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran. Dengan cara ini biasanya siswa/mahasiswa akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan.

Active learning sangat diperlukan oleh siwa/mahasiswa untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Ketika siwa/mahasiswa pasif, atau hanya menerima dari guru/dosen, ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah ia terima.

Ciri-ciri active learning, antara lain : 1) Interaktif, 2) Memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, 3) Menantang, 4) Guru memberikan keteladanan. Ada beberapa strategi active learning yang bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab atau mata pelajaran yang lain, diantaranya yaitu: 1) Al-Taa’ruf ma’a al-ashdiqa, 2) Al-Qira’ah al-Muwajjahah, 3) Ta’bir al-Kalimat al-Fabi’iyyah, 4) Yal’ab Daur al-mudarris, 5) Bithaqat Muzaawijah, 6) Tartib al-Nash, 7) Al-Ta’allum al-ta’awuniy, 8) Al-Ta’lim bi uslubaini, 9) Ikhtiyar al-Jumal dan 10) Uslub Kurati al-Tsalji.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-02

Cara Mengutip

Umi Hani, A. M. (2018). ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 169–180. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/806

Terbitan

Bagian

Articles