IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH (Studi di MAN 2 Serang )


Keywords:
Implementasi, karakterAbstract
ABSTRAK
Pendidikan karakter merupakan tawaran yang positif dalam mengatasi krisis moral yang
tengah melanda generasi muda khususnya kalangan pelajar. Generasi muda sekarang
akan menjadi tumpuan harapan generasi tua sekarang yang masih mensisakan banyak
persoalan bangsa. Diantara persoalan bangsa yang melanda sekarang adalah masalah
korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang merajalela, terjadinya konflik antar
komponen bangsa yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatnya
kriminalitas dan etos kerja yang buruk lebih-lebih di kalangan aparatur negara. Oleh
karena itu, tumpuan harapan masa depan bangsa ada di tangan kalangan muda sekarang.
Kalangan muda harus betul-betul mendapatkan pendidikan yang memadai dan baik
yang pada akhirnya akan menjadi pemuda yang berkarakter. salah satu yang bisa
dijadikan media alat transformasi dan penanaman nilai-nilai karakter adalah lembaga
pendidikan.
Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di lembaga pendidikan merupakan suatu
keharusan. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia
merupakan salah satu solusi cerdas dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter baik melalui kurikulum formal maupun non formal, karena sejak awal berdirinya Madrasah sudah menunjukkan ciri khasnya yang berbeda dari lembaga
pendidikan pada umumnya, dimana penanaman nilai karakter sudah terintegrasi dalam
mata pelajaran agama yang memiliki porsi cukup besar.
Tujuan yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter
yang terdapat di Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Serang Banten, Model pendidikan
karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Serang Banten, dan Bentuk-bentuk pendidikan karakter yang diterapkan di Madrasah Negeri 2 Serang Banten.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, untuk
mengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi mendalam yang
berkenaan dengan fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan
melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Temuan
penelitian di lapangan bahwa Pendidikan Karakter terimplementasi melalui 2 bentuk
yaitu melalui kurikulum formal dan kurikulum non formal/ekstrakurikuler. Kurikulum
formal bisa dilihat dari porsi pendidikan agamanya yang lebih banyak dibandingkan
dengan pendidikan umum yaitu mencakup Al-Qur'an-Hadits, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Semuanya itu mengarahkan pada pencapaian
kedalaman spiritual dan akhlakul karimah sebagai komponen dari dasar nilai-nilai
pendidikan karakter. Pengambilan nilai-nilai karakter atau core character values dari
nilai-nilai moral, nilai-nilai etika, nilai-nilai budi pekerti dan agama.
Implementasi pendidikan karakter yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler
yaitu melalui Paduan Suara, Nasyid, Teater, Akustik, Marawis, Pencak Silat, Futsal,
Basket, Taekwondo, Bulu Tangkis, Paskibra, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR),
Karawitan, Angklung, Tenis Meja dan Jurnalistik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.