DISKURSUS EVALUASI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM FORMAL

Authors

  • Muhammad Hafizh Universitas Wahid Hasyim
  • Sharikhul Hanif Universitas Islam Negeri Yogyakarta
  • Siti Nurhaliza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.9621
Statistics: Abstract viewed : 250 times | pdf downloaded : 350 times

Keywords:

Diskursus, Evaluuasi Kurikulum, Lembaga Pendidikan Islam Formal

Abstract

Idealnya kurikulum direncanakan dengan baik sehingga diharapkan kurikulum sesuai dengan perencanaan tersebut. Namun, realitas kurikulum tidak efisien dan optimal dalam mencapai tujuan sehingga harus dievaluasi sebagai usaha dan tinjauan terhadap kurikulum yang telah diberlakukan, khususnya dalam rangka penyempurnaan kurikulum dan melihat efektivitasnya. Riset ini termasuk dalam qualitative-library research dengan metode analisis descriptive causal guna mengetahui konsep evaluasi pendidikan, tujuan dan fungsinya, pendekatannya, objek evaluasi kurikulum, syarat-syarat dalam evaluasi kurikulum, dan model-modelnya. Hasil penelitian ini adalah evaluasi kurikulum sangat erat kaitannya dengan penilaian dalam kurikulum sehingga tujuan utamanya adalah perbaikan dan penyempurnaan kurikulum dan berfungsi sebagai edukatif, diagnosis, instruksional dan administratif. adapun pendekatannya yaitu pendekatan kriteria pre-ordinate-fidelitym mutually adaptive, dan proses (field base). Objek evaluasi kurikulum berkaitan dengan lima komponen kurikulum. Syarat evaluasi kurikulum adalah kurikulum harus goals orieted, kontinuitas pada evaluasi kurikulum, kurikulum bersifat komprehensif dan padu, kurikulum,  kurikulum harus dievaluasi melalui pelbagai pendekatan, dan kurikulum berfungsi ganda, terdapat sepuluh model dalam mengevaluasi kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Hafizh, M., Hanif, S. ., & Nurhaliza, S. . (2024). DISKURSUS EVALUASI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM FORMAL. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 29–40. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.9621

Issue

Section

Articles