DISKURSUS EVALUASI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM FORMAL
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.9621


Keywords:
Diskursus, Evaluuasi Kurikulum, Lembaga Pendidikan Islam FormalAbstract
Idealnya kurikulum direncanakan dengan baik sehingga diharapkan kurikulum sesuai dengan perencanaan tersebut. Namun, realitas kurikulum tidak efisien dan optimal dalam mencapai tujuan sehingga harus dievaluasi sebagai usaha dan tinjauan terhadap kurikulum yang telah diberlakukan, khususnya dalam rangka penyempurnaan kurikulum dan melihat efektivitasnya. Riset ini termasuk dalam qualitative-library research dengan metode analisis descriptive causal guna mengetahui konsep evaluasi pendidikan, tujuan dan fungsinya, pendekatannya, objek evaluasi kurikulum, syarat-syarat dalam evaluasi kurikulum, dan model-modelnya. Hasil penelitian ini adalah evaluasi kurikulum sangat erat kaitannya dengan penilaian dalam kurikulum sehingga tujuan utamanya adalah perbaikan dan penyempurnaan kurikulum dan berfungsi sebagai edukatif, diagnosis, instruksional dan administratif. adapun pendekatannya yaitu pendekatan kriteria pre-ordinate-fidelitym mutually adaptive, dan proses (field base). Objek evaluasi kurikulum berkaitan dengan lima komponen kurikulum. Syarat evaluasi kurikulum adalah kurikulum harus goals orieted, kontinuitas pada evaluasi kurikulum, kurikulum bersifat komprehensif dan padu, kurikulum, kurikulum harus dievaluasi melalui pelbagai pendekatan, dan kurikulum berfungsi ganda, terdapat sepuluh model dalam mengevaluasi kurikulum.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.