PEMIKIRAN PENDIDIKAN SYEKH AHMAD KHATIB AL-MINANGKABAWI

Authors

  • Rasiin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Umi Kultsum UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.9625
Statistics: Abstract viewed : 471 times | pdf downloaded : 603 times

Keywords:

Ahmad Khatib, Pemikiran, Pendidikan

Abstract

Syekh Ahmad Khatib adalah seorang ulama besar yang mempunyai akal cemerlang yang peduli terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi umat khususnya di Nusantara. Berbagai persoalan yang muncul di masyarakat, khususnya di Minangkabau, yang menurutnya tidak sesuai dengan ajaran Islam, tak segan-segan ia perbaiki. Beberapa permasalahan ini berkaitan dengan tauhid, hukum Islam, dan ilmu pengetahuan. Selain itu beliau juga seorang ulama yang peduli dan mempunyai konsep yang sangat mumpuni dalam bidang pendidikan. Beberapa konsep pendidikan yang menjadi gagasannya antara lain terkait Pendidikan Tauhid, Pendidikan Hukum, Pendidikan Politik, dan Pendidikan Sains. Menurutnya, tauhid merupakan salah satu prinsip agama. Ini merupakan landasan yang harus tertanam kuat dalam diri seseorang. Karena tauhid akan mendasari konsep, paradigma dan perilaku seseorang secara keseluruhan. Jika tauhid lemah, maka paradigma, konsep, dan perilakunya juga akan lemah. Sebaliknya jika tauhid kuat maka paradigma, konsep dan perilakunya juga akan kuat. Hal lain yang menjadi perhatian dan pemikiran Ahmad Khatib adalah permasalahan hukum. Meski tidak secara eksplisit berkaitan dengan pendidikan, namun pemikirannya tentang hukum mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kesadaran masyarakat untuk menegakkan dan melaksanakan hukum sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Artinya secara tidak langsung Ahmad Khatib telah memberikan edukasi kepada masyarakat agar taat dan patuh pada hukum agama. Pemikiran Syekh Ahmad Khatib lainnya adalah tentang Ilmu, dalam hal ini berkaitan dengan Ilmu Perhitungan dan Ilmu Hisab. Bukunya yang berkaitan dengan hal ini adalah Rauda al Hussab fi ‘Ilm al Hisab. Buku ini membahas tentang ilmu aritmatika dan pengukuran, khususnya sebagai ilmu pembantu hukum Islam. Sedangkan kitabnya Al-Jawahir al Naqiyyah fi’l A’mal al Jaibiyyah merupakan kitab pedoman pengetahuan tentang tanggal dan kronologi. Dengan demikian, Syekh Ahmad Khatib memang pantas disebut sebagai tokoh di bidang pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Rasiin, & Umi Kultsum. (2024). PEMIKIRAN PENDIDIKAN SYEKH AHMAD KHATIB AL-MINANGKABAWI. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.9625

Issue

Section

Articles