PEMIKIRAN PENDIDIKAN SYEKH AHMAD KHATIB AL-MINANGKABAWI
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i1.9625


Keywords:
Ahmad Khatib, Pemikiran, PendidikanAbstract
Syekh Ahmad Khatib adalah seorang ulama besar yang mempunyai akal cemerlang yang peduli terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi umat khususnya di Nusantara. Berbagai persoalan yang muncul di masyarakat, khususnya di Minangkabau, yang menurutnya tidak sesuai dengan ajaran Islam, tak segan-segan ia perbaiki. Beberapa permasalahan ini berkaitan dengan tauhid, hukum Islam, dan ilmu pengetahuan. Selain itu beliau juga seorang ulama yang peduli dan mempunyai konsep yang sangat mumpuni dalam bidang pendidikan. Beberapa konsep pendidikan yang menjadi gagasannya antara lain terkait Pendidikan Tauhid, Pendidikan Hukum, Pendidikan Politik, dan Pendidikan Sains. Menurutnya, tauhid merupakan salah satu prinsip agama. Ini merupakan landasan yang harus tertanam kuat dalam diri seseorang. Karena tauhid akan mendasari konsep, paradigma dan perilaku seseorang secara keseluruhan. Jika tauhid lemah, maka paradigma, konsep, dan perilakunya juga akan lemah. Sebaliknya jika tauhid kuat maka paradigma, konsep dan perilakunya juga akan kuat. Hal lain yang menjadi perhatian dan pemikiran Ahmad Khatib adalah permasalahan hukum. Meski tidak secara eksplisit berkaitan dengan pendidikan, namun pemikirannya tentang hukum mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap kesadaran masyarakat untuk menegakkan dan melaksanakan hukum sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Artinya secara tidak langsung Ahmad Khatib telah memberikan edukasi kepada masyarakat agar taat dan patuh pada hukum agama. Pemikiran Syekh Ahmad Khatib lainnya adalah tentang Ilmu, dalam hal ini berkaitan dengan Ilmu Perhitungan dan Ilmu Hisab. Bukunya yang berkaitan dengan hal ini adalah Rauda al Hussab fi ‘Ilm al Hisab. Buku ini membahas tentang ilmu aritmatika dan pengukuran, khususnya sebagai ilmu pembantu hukum Islam. Sedangkan kitabnya Al-Jawahir al Naqiyyah fi’l A’mal al Jaibiyyah merupakan kitab pedoman pengetahuan tentang tanggal dan kronologi. Dengan demikian, Syekh Ahmad Khatib memang pantas disebut sebagai tokoh di bidang pendidikan Islam.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.