Metode Pendidikan Rasulullah dalam Hadis Shahih: Telaah Terhadap Hadis Muslim No. 2581 dan Bukhari No. 347

Authors

  • Naila Nafahatus Sahariyah Al-Ulya Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Salwa Hajar UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mar'atus Solikhah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Fikri Fardiansyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Suyudi UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11488
Statistics: Abstract viewed : 0 times | pdf downloaded : 0 times

Keywords:

Prophetic educational methods, Hadith Muslim No. 2581, Hadith Bukhari No. 347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pendidikan islam yang diterapkan oleh Rasulullah saw. sebagaimana tercermin dalam dua hadis shahih, yakni hadis Muslim No. 2581 dan Bukhari No. 347. Latar belakang kajian ini adalah urgensi peneladanan metode pendidikan Nabi dalam membentuk karakter siswa di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka (library research) sebagai teknik utama dalam pengumpulan dan analisis data. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam kedua hadis tersebut, Rasulullah menerapkan prinsip pendidikan berbasis kasih sayang, keteladanan, dan penghormatan terhadap potensi individu. Selain itu, terdapat unsur pembinaan karakter melalui pendekatan yang persuasif dan situasional. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa metode pendidikan Rasulullah bersifat fleksibel, humanis, dan relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan Islam kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Salwa Hajar, UIN Sunan Ampel Surabaya

Pascasarjana pendidikan agama islam UINSA

Muhammad Suyudi, UIN Sunan Ampel Surabaya

Dosen Pascasarjana UINSA

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Al-Ulya, N. N. S., Hajar, S., Solikhah, M. ., Fardiansyah, M. F., & Suyudi, M. . (2025). Metode Pendidikan Rasulullah dalam Hadis Shahih: Telaah Terhadap Hadis Muslim No. 2581 dan Bukhari No. 347. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 65–80. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11488

Issue

Section

Articles