KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PARADIGMA PROFETIK

Authors

  • Fatkhatul Mar'ah IAIN Purwokerto
  • Tutuk Ningsih IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4703
Statistics: Abstract viewed : 376 times | pdf (Bahasa Indonesia) downloaded : 739 times

Keywords:

Pendidik, Peserta Didik, Paradigma Profetik

Abstract

Paradigma profetik dalam memaknai pendidik perlu digali lebih dalam agar proses pendidikan benar-benar mencapai esensinya, yaitu proses memanusiakan manusia menuju manusia seutuhnya. Misi utama pendidikan adalah menanamkan kepada peserta didik akhlak yang mulia serta budi pekerti. Pendidik profetik merupakan pendidik yang memiliki misi seperti para nabi dalam melaksanakan tugas kenabiannya, sehingga pendidik diwajibkan meneladani dan memiliki empat sifat Nabi atau Rasul antara lain: jujur (siddiq), dapat dipercaya (amanah), menyampaikan (tabligh), cerdas (fatonah) serta meneladani kisah para Nabi. Peserta didik dalam paradigma pendidikan profetik sangat berkaitan erat dengan pandangan al-Qur'an mengenai hakekat manusia baik jasmani maupun ruhani. Inti orientasi pendidikan Islam bermuara pada misi profetik yang membentuk jiwa muslim yang sholeh yang dapat menyatukan hubungan hablumminannalah dan hablumminannas secara komprehensif. Nilai-nilai profetik yang perlu dimiliki oleh peserta didik antara lain: segala aktifitas belajar diniatkan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, bersikap zuhud, memiliki sikap rendah hati atau tawadhu dan memiliki karakter yang mulia

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-22

How to Cite

Mar’ah, F., & Ningsih, T. (2021). KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PARADIGMA PROFETIK. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 268–280. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4703

Issue

Section

Articles