ASPEK TAZKIYATUN NAFS DALAM KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


Kata Kunci:
Tazkiyatun Nafs, Curriculum, Subjects, Islamic Religious Education, Junior High School.Abstrak
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah mengembangkan kurikulum Tazkiyatun Nafs yang tepat bagi usia siswa Sekolah Menengah Pertama. Pengembangan kurikulum tersebut difokuskan kepada pengembangan tujuan, materi, metode, teknik pembelajaran, teknik evaluasi, pola interaksi dan implementasi di kehidupan sehari – hari. Tujuan penelitian ini menganalisis aspek tazkiyatun nafs pada kurikulum mata pelajaran PAI di SMP IT Darusshafa Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, aspek tazkiyatun nafs pada mata pelajaran PAI di SMP IT Darusshafa Bogor dilihat dari indikator keberhasilan dalam penelitian mengacu pada konsep tazkiyatun nafs Anas Ahmad karzon di tunjukan : Pertama, ilmu yang diiringi amal shaleh bisa dilihat dari Change behavior perubahan sikap dan ketenangan bathin dalam hal ini secara umum para santri telah menunjukan perubahan dari awal masuk pesantren sampai saat ini menjadi santri SMP IT Darusshafa. Kedua, amal shaleh bisa dilihat dengan jiwa santri yang taat dalam beribadah, yang di sertai peningkatan dalam kualitas dan kuantitas ibadah kepada Allah, tepat waktu dalam menjalankan ibadah yang wajib dan selalu menjaga hal- hal yang di sunahkan. Dalam hal ini perubahan cukup signifikan ke arah yang lebih baik, dan sedikit saran untuk membuat buku amalan harian santri sehingga dapat instropeksi dan istiqomah dalam melakukan amalan wajib ataupun sunnah. Ketiga, muhasabah dan taubat dilihat dari perubahan sikap, bangun di sepertiga malam untuk bermuhasabah dan taubat dan menaati peraturan pesantren. Sebagaimana dalam hasil kuesioner menunjukan hasil yang baik dan telah terlaksana. Keempat, bersahabat dengan orang shaleh dengan menciptakan lingkungan kondusif dan saling mendukung dalam kebaikan
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.