PERENCANAAN DAN PENETAPAN KURIKULUM AL-KHAIRIYAH SECARA NASIONAL

Penulis

  • Rahayu Permana Universitas Indraprasta PGRI
  • Ahmad Suhaili STIT Al-Khairiyah
  • Angga Pusaka Hidayat UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9267
Statistics: Abstrak viewed : 342 times | pdf (English) downloaded : 366 times

Kata Kunci:

Al-Khairiyah, Kurikulum, Nilai Lokal, Sumber Pembelajaran, Implementasi

Abstrak

Penelitian pada Pondok Pesantren Al-Khairiyah dalam bidang kurikulum lokal belum banyak diteliti secara spesifik. Tentu saja hal ini sangat menarik untuk dipaparkan dalam hasil penelitian kebijakan pendidikan. Perjalanan Pondok Pesantren Al-Khairiyah masih panjang. Telah banyak melahirkan alumni yang mampu menjadi insan unggul dan berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum Al-Khairiyah sebagai muatan lokal yang ingin diterapkan memerlukan kesiapan Pengurus Al-Khairiyah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat rencana yang akan dilaksanakan Pengurus Al-Khairiyah mengenai kurikulum Al-Khairiyah secara nasional untuk seluruh cabang Al-Khairiyah. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menemukan bahwa Pondok Pesantren Al-Khairiyah seharusnya memiliki kurikulum yang memuat ilmu Al-Khairiyah. Untuk menunjang implementasi kurikulum Al-Khairiyah maka diperlukan penulisan kitab Al-Khairiyah sebagai sumber belajar. Dalam mewujudkan kurikulum Al-Khairiyah, telah diadakan Upgrade pada tanggal 17 Juni 2017, sebagai langkah awal penguatan implementasi kurikulum Al-Khairiyah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Permana, R. ., Suhaili, A., & Hidayat, A. P. (2023). PERENCANAAN DAN PENETAPAN KURIKULUM AL-KHAIRIYAH SECARA NASIONAL. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 133–146. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9267

Terbitan

Bagian

Articles