Pengembangan Media Website Edukatif Ceban (Cekatan Membaca Al-Qur’an) pada Pembelajaran PAI Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i2.10069


Kata Kunci:
website, wordwall, media pembelajaranAbstrak
Perkembangan pesat dalam bidang IPTEK telah mengubah paradigma pembelajaran menuju e-learning yang kreatif. Media pembelajaran berbasis web, seperti Website edukatif CEBAN, menggunakan wordwall dan educaplay untuk kuis interaktif, meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman materi PAI di SD. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis website sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian D&D (Design and Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji kelayakan produk diujikan kepada siswa kelas IV SDN Lembursitu sebanyak 21 siswa. Hasil validasi kelayakan produk CEBAN memperoleh persentase 100% (sangat layak) dari ahli media dan 100% (Sangat layak) dari ahli materi. Adapun hasil perhitungan angket respon peserta didik persentase rata-ratanya mencapai 95%, serta rata-rata keseluruhan penilaian kelayakan produk sebesar 98%. Ini menunjukkan bahwa produk CEBAN ini sangat layak digunakan berdasarkan standar tingkat pencapaian yang telah ditetapkan.
Kata kunci: Website, wordwall, media pembelajaran
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.