KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS: URGENSINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0.
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v11i2.10084


Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam, Era Society 5.0.Abstrak
Penelitian ini berutjuan untuk memperjelas pentingnya pengembangan keterampilan berpikir kritis, bagaimana Pendidikan Agama Islam (PAI) memanfaatkannya, dan bagaimana kaitannya dengan pendidikan Islam di era Society 5.0, khususnya di sekolah dasar. Ide pembelajaran yang dikenal dengan Taksonomi Bloom merupakan paradigma berpikir kritis yang digunakan. Metodologi penelitian memadukan teknik analisis isi dengan penelitian kepustakaan. Jurnal dan publikasi pendidikan Islam serta penerapan taksonomi Bloom terhadap pembentukan berpikir kritis dijadikan sebagai sumber data. Untuk memperoleh data, referensi yang relevan dikumpulkan secara manual dan digital. Setelah data dikumpulkan, data tersebut kemudian diringkas, ditampilkan, dan dirangkai untuk menciptakan gagasan yang segar dan modern. Temuan penelitian ini menyoroti perlunya memperluas pembelajaran PAI dengan memasukkan komponen kognitif, emosional, dan psikomotorik dan diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah dasar. Hal ini menjadi semakin penting karena tuntutan pendidikan di era sosial 5.0 mengharuskan lembaga pendidikan, khususnya sekolah dasar, mampu menghasilkan lulusan yang melek teknologi.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.