Pengaruh Media CD Interaktif Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sindangjaya Kecamatan Sindangjaya, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten)
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1040


Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Hasil Belajar, Minat BelajarAbstrak
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan penggunaan media Compac Disc interaktif dibanding siswa yang diajar dengan media pembelajaran berupa modul dalam mata pelajaran Bahasa Inggris; 2) Pengaruh interaksi antara media pembelajaran berdasarkan tipe minat belajar terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris; 3) Minat belajar siswa jika diajar dengan media pembelajaran Compac Disc interaktif dibanding menggunakan media pembelajaran modul; serta 4) Hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa yang berminat belajar rendah jika diajar dengan menggunakan media pembelajaran Compac Disc interaktif dibanding menggunakan media pembelajaran modul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi target yaitu seluruh siswa kelas VII di Gugus 10 di Kabupaten Tangerang, sedangkan populasi terjangkau dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN l Sindangjaya yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel berupa multistage random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dan melalui tahapan-tahapan. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu perlakuan penggunaan media pembelajaran CD interaktif, instrumen minat belajar, dan tes hasil belajar Bahasa Inggris. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan program statistik SPSS 20 untuk analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa ANAVA dua jalur untuk menguji hipotesis, dilanjutkan dengan uji Tukey. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas dengan Kolmogorof-Smirnov yang sama dengan Liliefors dan uji homogenitas dengan Levene yang terdapat dalam SPSS 20. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikasi 5% (0,05). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media CD interaktif ( X=67,11) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran modul (X=62,50) dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Terdapat interaksi antara metode pembelajaran berdasarkan tipe minat belajar terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang berminat belajar lebih tinggi jika diajar dengan penggunaan media pembelajaran CD interaktif (X=86,80) daripada menggunakan media pembelajaran modul (X=83,60). Hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa yang berminat belajar rendah lebih rendah jika diajar dengan penggunaan media pembelajaran CD interaktif (X=34,30) daripada menggunakan media pembelajaran modul (X=36,50). Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran CD interaktif lebih efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.