MEMPERTAHANKAN BUDAYA ORGANISASI MELALUI BEST PRACTICES PENDIDIKAN SPIRITUAL LEADERSHIP PADA PONDOK PESANTREN

Penulis

  • Dede Husni Mubarok IAID Darussalam Ciamis Jawa Barat
  • Malik Fatoni Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1047
Statistics: Abstrak viewed : 210 times | PDF (English) downloaded : 370 times

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Karisma, Transformasi Pendidikan

Abstrak

Abstrak. Lembaga pendidikan pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Transformasi pendidikan haruslah terjadi, hal ini dipengaruhi oleh kiai sebagai pemimpin dalam mentransformasi lembaga pendidikan. Perubahan ini terjadi pada budaya pesantren yang meliputi pendidikan spiritual, penyeleksian ustaz, dan santri. Karisma kepemimpinan yang dimiliki kiai, menurut sejarahnya, mampu menjadi sumber dan inspirasi perubahan dalam masyarakat. Kiai dengan karismanya tidak hanya dikategorikan sebagai elit agama, tetapi juga sebagai elit pesantren dan tokoh masyarakat yang memiliki otoritas tinggi dalam menyimpan dan menyebarkan pengetahuan keagamaan Islam serta berkompeten dalam mewarnai corak dan bentuk kepemimpinan di pesantren. Tipe karismatik yang melekat pada diri pemimpin menjadikan tolok ukur kewibawaan lembaga pendidikan pesantren.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-30

Cara Mengutip

Mubarok, D. H., & Fatoni, M. (2018). MEMPERTAHANKAN BUDAYA ORGANISASI MELALUI BEST PRACTICES PENDIDIKAN SPIRITUAL LEADERSHIP PADA PONDOK PESANTREN. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.32678/geneologi pai.v5i1.1047

Terbitan

Bagian

Articles