Innovative Approaches in Islamic Education: Imre Lakatos' Methodological Paradigm and Its Implications
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.10748


Kata Kunci:
bahasa inggrisAbstrak
Seiring berkembangnya zaman pengetahuan manusia semakin berkembang maju sehingga lahirlah cabang-cabang ilmu pengetahuan pendidikan Islam. Kemajuan zaman juga tidak terlepas dari lahirnya permasalahan baru yang kompleks terutama dalam pendidikan islam. hal ini membutuhkan ilmu yang multidisplin untuk dapat merumuskan solusi yang inovatif dengan paradigma Imre Lakatos serta implikasinya dalam pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (library research). Data yang digunakan yaitu dari sumber Primer dan skunder yang dihasilkan dari beberapa literatur serta penyajian data yang disajikan berupa deskriftif. Kemudian, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dari paradigma metodologi pemikiran Imre Lakatos. Dalam metodologi program riset Imre Lakatos mengatakan bahwa pengetahuan itu bersifat berkelanjutan dan inti dari pemikiranya yaitu hard core, protectives-belt, dan a series of theory. Program riset Lakatos menggunakan metode heoristik. Relevansinya dengan pendidikan Islam terletak pada Al-Qur'an dan Sunnah yang menjadi inti dari pemahaman Islam berfungsi sebagai pilar utama di mana studi Islam dibangun. Keduanya dikenal sebagai sabuk pelindung karena memiliki kualitas mutlak dan dapat dipahami dalam berbagai konteks ilmiah.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yasri Mandar, Musdalipah Putri, Ahwil Lutan Hidayah, Yusron Hidayat, Sofwatun Nida

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.