Innovative Approaches in Islamic Education: Imre Lakatos' Methodological Paradigm and Its Implications

Penulis

  • Yasri Mandar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Putri Putri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ahwil Lutan Hidayah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Yusron Hidayat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sofwatun Nida UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.10748
Statistics: Abstrak viewed : 1 times | pdf (English) downloaded : 1 times

Kata Kunci:

bahasa inggris

Abstrak

Seiring berkembangnya zaman pengetahuan manusia semakin berkembang maju sehingga lahirlah cabang-cabang ilmu pengetahuan pendidikan Islam. Kemajuan zaman juga tidak terlepas dari lahirnya permasalahan baru yang kompleks terutama dalam pendidikan islam. hal ini membutuhkan ilmu yang multidisplin untuk dapat merumuskan solusi yang inovatif dengan paradigma Imre Lakatos serta implikasinya dalam pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (library research). Data yang digunakan yaitu dari sumber Primer dan skunder yang dihasilkan dari beberapa literatur serta penyajian data yang disajikan berupa deskriftif. Kemudian, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dari paradigma metodologi pemikiran Imre Lakatos. Dalam metodologi program riset Imre Lakatos mengatakan bahwa pengetahuan itu bersifat berkelanjutan dan inti dari pemikiranya yaitu hard core, protectives-belt, dan a series of theory. Program riset Lakatos menggunakan metode heoristik. Relevansinya dengan pendidikan Islam terletak pada Al-Qur'an dan Sunnah yang menjadi inti dari pemahaman Islam berfungsi sebagai pilar utama di mana studi Islam dibangun. Keduanya dikenal sebagai sabuk pelindung karena memiliki kualitas mutlak dan dapat dipahami dalam berbagai konteks ilmiah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Mandar, Y., Putri, M. ., Lutan Hidayah, A., Hidayat, Y., & Nida, S. (2025). Innovative Approaches in Islamic Education: Imre Lakatos’ Methodological Paradigm and Its Implications. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 17–28. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.10748

Terbitan

Bagian

Articles