Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rambutan

Penulis

  • Ifa Datuzuhriah UIN Raden Fatah Palembang
  • SABRINA SYIFAURRAHMAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
  • KASINYO HARTO UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
  • ERMIS SURYANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11347
Statistics: Abstrak viewed : 10 times | pdf (English) downloaded : 12 times

Kata Kunci:

Konstruktivisme, Pembelajaran Agama Islam, Pendidikan SMP, Implikasi Pembelajaran, SMPN, Rambutan

Abstrak

Teori konstruktivistik menekankan bahwa pengetahuan tidak hanya diterima secara pasif, melainkan dibangun secara aktif oleh individu melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalamannya. Penerapan teori konstruktivistik dalam pembelajaran PAI dinilai relevan karena menekankan peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan dan pemahaman agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait teori konstruktivistik, kelebihan dan kekurangan, serta implikasinya dalam pembelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui data non-numerik, seperti wawancara, observasi, dan analisis dokumen kemudian dikaji dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori konstruktivistik adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan bahwa pengetahuan bukan hanya ditransfer dari guru ke peserta didik, tetapi dibangun secara aktif oleh peserta didik sendiri melalui pengalaman dan interaksi. Adapun implikasi dari teori konstruktivistik, yaitu pembelajaran berpusat pada peserta didik, penggunaan berbagai sumber belajar, pembelajaran kontekstual dan berbasis pengalaman, penilaian menjadi lebih holistik, dan pembelajaran kolaboratif dimana guru dapat menggabungkan pembelajaran dengan berbagai hal, seperti penggabungan pembelajaran dengan teknologi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Datuzuhriah, I. ., Sabrina, Kasinyo, & Ermis. (2025). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rambutan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11347

Terbitan

Bagian

Articles