INOVASI PEMBELAJARAN ILMU TAFSIR BERBASIS GOOGLE SITES

Penulis

  • Robiatul Adawiyah Universitas IsIam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Gelar Dwirahayu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ridholloh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11370
Statistics: Abstrak viewed : 1 times | pdf (English) downloaded : 16 times

Kata Kunci:

Google Sites, Tafsir, Inovasi, Asbābun nuzūl

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji validitas dari inovasi pembelajaran ilmu tafsir berbasis Google Sites pada materi asbābun nuzūl. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari angket uji kelayakan media pembelajaran oleh  ahli dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Uji coba dilakukan dalam skala kecil dengan melibatkan 5 peserta didik kelas XI SMA IT Baitul Qurro sebagai sampel penelitian. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran tafsir pada media pembelajaran berbasis Google Sites dikategorikan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan presentasi dari ahli sebesar 100% yang dikategorikan valid dan respon peserta didik  memperoleh nilai rata-rata sebesar 93% dari total responden. Sehingga inovasi pembelajaran ilmu tafsir berbasis Google Sites ini dapat dikatakan valid dan dapat menjadi alternatif atau solusi dalam membantu menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif yang selaras dengan tuntutan pendidikan Islam di era digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Robiatul Adawiyah, Dwirahayu, G., & Ridholloh. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN ILMU TAFSIR BERBASIS GOOGLE SITES. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 125–138. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11370

Terbitan

Bagian

Articles