INOVASI PEMBELAJARAN ILMU TAFSIR BERBASIS GOOGLE SITES
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11370


Kata Kunci:
Google Sites, Tafsir, Inovasi, Asbābun nuzūlAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji validitas dari inovasi pembelajaran ilmu tafsir berbasis Google Sites pada materi asbābun nuzūl. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari angket uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan menggunakan skala likert. Uji coba dilakukan dalam skala kecil dengan melibatkan 5 peserta didik kelas XI SMA IT Baitul Qurro sebagai sampel penelitian. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran tafsir pada media pembelajaran berbasis Google Sites dikategorikan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan presentasi dari ahli sebesar 100% yang dikategorikan valid dan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 93% dari total responden. Sehingga inovasi pembelajaran ilmu tafsir berbasis Google Sites ini dapat dikatakan valid dan dapat menjadi alternatif atau solusi dalam membantu menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif yang selaras dengan tuntutan pendidikan Islam di era digital.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Robiatul Adawiyah, Gelar Dwirahayu, Ridholloh

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.