Utilization of Digital Tafsir Al-Mishbah in Quranic Interpretation Learning at Darul Maarif Islamic College, Pattani, South Thailand
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11637


Kata Kunci:
Tafsir Learning, Al-Quran Tafsir, Al-Mishbah Digital TafsirAbstrak
Abstrak: Tulisan ini membahas bagaimana metode pembelajaran tafsir di Perguruan Tinggi Darul Maarif (Petidam) Thailand. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami pola pembelajaran tafsir Al-Quran di Petidam serta bagaimana respon responden setelah menggunakan tafsir Al-Mishbah (TAM) digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi langsung di Petidam, 15-19 Juli 2024. Hasil dari penelitian ini ialah pola pembelajaran tafsir Al-Quran selama ini masih menggunakan metode klasik dengan rujukan satu kitab tafsir yakni Shafwatutafasir karya Imam Ali Ash-Shabuny. Dari hasil wawancara 20 responden setelah praktik pembelajaran aplikasi TAM digital, tercatat responden merasa terbantu dengan aplikasi TAM digital yang cukup lengkap ini. Sebab bukan hanya tafsir Al-Quran namun juga memuat asbabunnuzul, sirah nabi, ibadah, syariah dan ilmu fiqh. Namun, beberapa partisipan juga merasakan dua kesulitan. Pertama, kesulitan mendownload aplikasi TAM digital via Appstore. Kedua, mereka masih sulit memahami konten dari aplikasi TAM digital karena keterbatasan bahasa. Mereka memberikan masukan agar aplikasi tafsir Al-Mishbah digital nantinya dapat dilengkapi dengan berbagai bahasa, utamanya bahasa Melayu Thailand agar dapat lebih mudah dipahami.
Kata Kunci: Pembelajaran Tafsir, Tafsir Al-Quran, Tafsir Digital Al-Mishbah
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ina Salmah Febriani, Siti Ngaisah, Mustafa Kama Waduereh

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.