Hubungan Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa IAIN SMH Banten
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1306


Kata Kunci:
Penyesuaian diri, pola asuhAbstrak
Abstrak. Apa dan bagaimana individu belajar sebagian besar dipengaruhi oleh kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Beberapa kemampuan yang dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru adalah kemampuan individu belajar mengenai hal-hal yang nyata, keterampilanketrampilan, strategi-strategi kognitif, sikap, nilai-nilai, emosi, dan bagaimana ia merespons terhadap rangsang lingkungan. Apabila individu mampu menguasai tuntutan akademis hingga ia dewasa maka ia akan terbebas dari campur tangan masalah pribadi. Berdasarkan hal tersebut maka dirasakan perlu adanya penelitian tentang persepsi pola asuh orang tua terhadap penyesuaian diri mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dengan penyesuaian diri mahasiswa IAIN SMH Banten Semester III, dan 2) Untuk mengetahui perbedaan dalam penyesuaian diri pada mahasiswa pria dan wanita. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan probability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 180 responden. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh orang tua terhadap penyesuaian diri mahasiswa IAIN SMH Banten. Hal ini terbukti dari hasil sebesar 0,309 dengan taraf signifikansi P=0,05. Tidak terdapat perbedaan penyesuaian diri antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Perbedaan tersebut terutama dalam hal kegiatan yang mereka ikuti dan dapat mereka selesaikan dengan baik (perkuliahan).
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.