Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CLT) Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Penulis

  • Nursely Sulistiyani Jurusan PAI FTK UIN SMH Banten
  • Saefudin Zuhri UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1310
Statistics: Abstrak viewed : 220 times | PDF downloaded : 181 times

Kata Kunci:

Contextual Teaching and Learning, minat belajar siswa, model pembelajaran

Abstrak

Abstrak. Pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan upaya menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar. Dalam proses pembelajaran tidak selamanya aktivitas pembelajaran berjalan dengan lancar, banyak masalah yang timbul pada siswa ketika pembelajaran berlangsung. seperti kesulitan dalam memahami dan menyerap pelajaran dengan baik. Hal ini guru menjadi peran penting dalam proses pembelajaran agar siswa mencapai prestasi belajar dengan baik, jika peserta didik belum menguasai kompetensi yang diharapkan, maka guru harus mengetahui siapa saja peserta didik yang gagal menguasai kompetensi, materi yang dianggap sulit, dimana letak kesulitannya, kemudian mencari alternatif pemecahan yaitu dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learningagar siswa beminat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Curug Kab.Tangerang dan mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Husna Curug Kab.Tangerang. Dan manfaat penelitian ini adalah: Bagi Pengguna, Bagi Lembaga, Bagi Peneliti dan Bagi Pengembangan Ilmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket. Hal ini menunjukan bahwa antara Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan minat belajar siswa terdapat korelasi yang tinggi/baik. Adapun kontribusi Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar siswa sebesar 56,25% Meode pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap minat belajar siswa. sedangkan sisanya sebesar 43,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: minat belajar siswa dari pelaksanaan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak cukup tinggi pula karena dari rata-rata jawaban tes yang diberikan menunjukan hasil yang cukup baik. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-01-16

Cara Mengutip

Sulistiyani, N., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CLT) Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 191–200. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v5i2.1310

Terbitan

Bagian

Articles