PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU

PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU

Penulis

  • Muthoharoh Muthoharoh IAIN Syekh Nur Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2239
Statistics: Abstrak viewed : 154 times | pdf (English) downloaded : 413 times

Kata Kunci:

Pendidikan Agama, keluarga, budaya religious, kecerdasan emosi

Abstrak

PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA   DAN  BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU

 

MUTHOHAROH, M.Pd.I

Email: Muthoharoh.nizam18@gmailcom


ABSTRAK

Kecerdasan emosi merupakan unsur penting yang dikembangkan dalam pendidikan keluarga, maka pendidikan agama dalam keluarga akan menjadi kunci dalam pembentukan kecerdasan emosi  pada anak. Selain itu, sekolah merupakan pendidikan kedua setelah keluarga memberikan solusi praktis dalam pembentukan kecerdasan emosi sesorang. Pendidikan Agama memiliki peran yang angat potensial dalam pembentukan kecerdasan seseorang, oleh karena itu penciptaan budaya religius di sekolah merupakan penunjang pendidikan agama, hal dilakukan dengan cara pembiasaan, ajakan persuasif, dan teladan di sekolah. Tujuan Penelitian: (1) Mendeskripsikan pengaruh Pendidikan agama dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional; (2) Mendeskripsikan pengaruh budaya religious sekolah  terhadap kecerdasan emosional siswa; (3) Mendeskripsikan kecerdasan emosional; (4) Menemukan pengaruh pendidikan agama dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa. (1) Terdapat korelasi antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,559. Budaya religius sekolah berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 31,24%; (2) Terdapat korelasi antara budaya religius sekolah  terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,567. Pendidikan agama dalam keluarga memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 3,215 %; (3) Terdapat korelasi secara simultan antara pendidikan agama dalam keluarga dan budaya religius sekolah  terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar  0,572. Pendidikan agama dalam keluarga memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,327 atau 33%.

 

Kata Kunci      : Pendidikan Agama, keluarga, budaya religious, kecerdasan emosi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-05

Cara Mengutip

Muthoharoh, M. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU: PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 149–154. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2239

Terbitan

Bagian

Articles