PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU
PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2239


Kata Kunci:
Pendidikan Agama, keluarga, budaya religious, kecerdasan emosiAbstrak
PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN BUDAYA RELIGIUS SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs NU CANTIGI INDRAMAYU
MUTHOHAROH, M.Pd.I
Email: Muthoharoh.nizam18@gmailcom
ABSTRAK
Kecerdasan emosi merupakan unsur penting yang dikembangkan dalam pendidikan keluarga, maka pendidikan agama dalam keluarga akan menjadi kunci dalam pembentukan kecerdasan emosi pada anak. Selain itu, sekolah merupakan pendidikan kedua setelah keluarga memberikan solusi praktis dalam pembentukan kecerdasan emosi sesorang. Pendidikan Agama memiliki peran yang angat potensial dalam pembentukan kecerdasan seseorang, oleh karena itu penciptaan budaya religius di sekolah merupakan penunjang pendidikan agama, hal dilakukan dengan cara pembiasaan, ajakan persuasif, dan teladan di sekolah. Tujuan Penelitian: (1) Mendeskripsikan pengaruh Pendidikan agama dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional; (2) Mendeskripsikan pengaruh budaya religious sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa; (3) Mendeskripsikan kecerdasan emosional; (4) Menemukan pengaruh pendidikan agama dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa. (1) Terdapat korelasi antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,559. Budaya religius sekolah berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 31,24%; (2) Terdapat korelasi antara budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,567. Pendidikan agama dalam keluarga memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 3,215 %; (3) Terdapat korelasi secara simultan antara pendidikan agama dalam keluarga dan budaya religius sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,572. Pendidikan agama dalam keluarga memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 0,327 atau 33%.
Kata Kunci : Pendidikan Agama, keluarga, budaya religious, kecerdasan emosi.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.