PROGRAM PEMBELAJARAN AFKAARUNA LEARNING PACK AL-DIRASAH AL-ISLAMIYYAH (ALP DIRIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA

Penulis

  • Kuni Isna Ariesta Fauziah UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Muh. Wasith Achadi UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i2.4998
Statistics: Abstrak viewed : 108 times | pdf (English) downloaded : 79 times

Kata Kunci:

Program Pembelajaran, ALP Diris, Karakter Religius.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program pembelajaran afkaaruna paket pembelajaran al-dirasah al-islamiyyah dapat membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini: 1) Konsep program pembelajaran ALP Diris adalah kegiatan pembelajaran agama yang bersumber dari salah satu dari tiga pilar madrasah: Islam, nilai-nilai budaya lokal, dan internasional, dengan tujuan meliputi atau melengkapi mata pelajaran agama. 2) Pelaksanaan program ALP Diris meliputi berbagai kegiatan seperti: ibadah keagamaan, sandang, hafalan surat pendek dan doa harian, qiro'atul Qur'an, tiang, hafalan asma'ul-husna yang dilaksanakan setiap hari. melalui metode role model. 3) Hasil program pembelajaran Diris ALP dalam membentuk karakter religius dikatakan baik dalam pelaksanaannya. Lain halnya dengan teori Thomas Lickona, yang meliputi: mengetahui yang baik, siswa mengetahui ajaran ibadah yaumiyyah, cara membaca dan menulis Alquran yang baik dan benar. Menginginkan siswa yang baik dapat memahami dan mencintai apa yang telah diajarkan guru. Berbuat baik siswa melaksanakan kegiatan dalam program ALP Diris dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-23

Cara Mengutip

Fauziah, K. I. A., & Achadi, M. W. (2021). PROGRAM PEMBELAJARAN AFKAARUNA LEARNING PACK AL-DIRASAH AL-ISLAMIYYAH (ALP DIRIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 333–344. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i2.4998

Terbitan

Bagian

Articles