PROGRAM PEMBELAJARAN AFKAARUNA LEARNING PACK AL-DIRASAH AL-ISLAMIYYAH (ALP DIRIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i2.4998


Kata Kunci:
Program Pembelajaran, ALP Diris, Karakter Religius.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program pembelajaran afkaaruna paket pembelajaran al-dirasah al-islamiyyah dapat membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini: 1) Konsep program pembelajaran ALP Diris adalah kegiatan pembelajaran agama yang bersumber dari salah satu dari tiga pilar madrasah: Islam, nilai-nilai budaya lokal, dan internasional, dengan tujuan meliputi atau melengkapi mata pelajaran agama. 2) Pelaksanaan program ALP Diris meliputi berbagai kegiatan seperti: ibadah keagamaan, sandang, hafalan surat pendek dan doa harian, qiro'atul Qur'an, tiang, hafalan asma'ul-husna yang dilaksanakan setiap hari. melalui metode role model. 3) Hasil program pembelajaran Diris ALP dalam membentuk karakter religius dikatakan baik dalam pelaksanaannya. Lain halnya dengan teori Thomas Lickona, yang meliputi: mengetahui yang baik, siswa mengetahui ajaran ibadah yaumiyyah, cara membaca dan menulis Alquran yang baik dan benar. Menginginkan siswa yang baik dapat memahami dan mencintai apa yang telah diajarkan guru. Berbuat baik siswa melaksanakan kegiatan dalam program ALP Diris dalam kehidupan sehari-hari.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.