PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.5641


Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Blended Learning, Pembelajaran PAIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan implementasi model pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Surabaya pasca pandemi covid-19. Menganalisa pengembangan model pembelajaran PAI berbasis blended learning di SD Muhammadiyah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif maka sumber data disebut juga dengan responden. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan di SD Muhammadiyah 8 Surabaya hanya dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, sedangkan untuk strategi pembelajaran menggunakan media Discovery learning. Adapun metode pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah. Cara guru menjelaskan ketika pembelajaran juga jelas, spesifik dan terkadang juga diselingi dengan humor sehingga pembelajaran dianggap unik. Pelaksanaan blended learning khususnya fasilitas pembelajaran online, pendidik dapat memanfaatkan berbagai layanan sistem pembelajaran yang menggunakan Learning Management System (LMS). Menurut Ellis, LMS adalah aplikasi perangkat lunak untuk administrasi, dokumentasi, pelacakan, pelaporan, dan penyampaian kursus pendidikan atau program pelatihan. LMS dapat dikatakan sebagai manajemen pembelajaran yang disiapkan bagi peserta didik dan pendidik dalam melakukan pembelajaran melalui perangkat lunak, antara lain: moodle, canvas, google classroom, edmodo, kelas digital rumah belajar, blog, dan lain-lain. Berbagai layanan LMS ini dapat digunakan oleh para pendidik secara gratis maupun berbayar, tinggal dipelajari dan digunakan untuk mempermudah pembelajaran secara online
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.