PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP DEGRADASI MORAL GENERASI Z DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN SOSIAL KEMASYARAKATAN


Kata Kunci:
gen Z, Al-Quran, sosoal media, kemunduran moralAbstrak
Zaman sudah berkembang pesat di segala aspek kehidupan, perubahan juga terjadi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan munculnya media sosial dan jejaring sosial telah memasuki dan merambah generasi Z yang didominasi remaja. Interaksi para remaja dengan gadget-nya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari bangun tidur sampai tidur lagi, gadget tidak dapat lepas dari tangannya. Banyak di antara mereka yang memanfaatkan gadget hanya untuk bermain, chatting melalui jejaring sosial. Bahkan, untuk melakukan hal-hal yang melanggar norma seperti menonton film dewasa, mengikuti game online yang berbau judi, dan sebagainya. Jurnal ini bertujuan untuk memperlihatkan realita pengaruh media sosial terhadap degradasi moral generasi Z melalui penelitian yang telah kami lakukan kemudian dikorelasikan dengan kisah-kisah teladan yang terdapat dalam Al-Quran dan mendeskripsikan strategi Pendidikan Islam dalam Al-Quran sebagai solusi fenomena tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi observasi, sekaligus merupakan penelitian literal karena menelusuri ayat-ayat Alquran yang berkenaan problematika remaja. Kajian ini berfokus pada ayat-ayat kisah Alquran, maka sumber pertama dan utamanya adalah kitab suci Alquran dan hadis Nabi saw. Sumber-sumber lainnya adalah kitab-kitab tafsir yang dibatasi pada beberapa kitab yang dianggap representatif. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa ancaman Degradasi moral remaja di era digital diantaranya dipengaruhi oleh: 1) Konsep moralitas kesopanan menjadi longgar karena terpengaruh budaya, barat akibat dari mudahnya mencari informasi melalui TIK. 2) Budaya global menawarkan kenikmatan semu melalui 3F: food, fashion dan fun. 3) Masyarakat lebih bersifat individualistis dan kurang peduli dengan lingkungannya, sehingga kontrol moral terutama pada remaja menjadi rendah. 4) Keluarga kurang dapat memberi pengarahan, karena masing-masing orang tua sudah mempunyai kesibukannya sendiri atau bahkan broken home. Nilai-nilai yang terkandung dalam Kisah al-Qur’an menjadi suatu metode pembelajaran yang sangat perlu diterapkan demi terciptanya generasi rabbani yang membanggakan
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.