STRATEGI PENTAHELIX PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI


Kata Kunci:
Pentahelix, Pendidikan Islam Anak Usia DiniAbstrak
Berbagai tantangan dan problematika terus menghampiri pada setiap unsur kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Dalam ranah pendidikan khususnya yang menangani anak usia dini dihadapkan dengan tantangan yang besar seperti persoalan stunting, model pembelajaran inovatif, pemerataan pendidikan rural dan urban, pemerataan kesejahteraan pendidik. Juga disisi lain peserta didik pada jenjang pendidikan pra sekolah ini sedang menghadapi tugas perkembangan yang singkat dan pada masa golden age. Problem dan tantangan yang hadir secara bersamaan perlu penanganan serius dari berbagai unsur termasuk dalam konteks pendidikan islam anak usia dini. Artikel ini mengupas strategi pentahelix pada pendidikan islam anak usia dini dengan systematic review yang mengolah data dari berbagai hasil penelitian, jurnal dan dokumen tertulis lainnya terkait penyelenggaraan pendidikan islam anak usia dini di seluruh Indonesia. Hasil analisis menyajikan gagasan strategi pentahelix dalam implementasi pendidikan islam anak usia dini. Terdapat lima unsur dalam strategi pentahelix diantaranya pemerintah, akademisi, dunia industri, masyarakat, dan media masa. Pemerintah dengan tugas membuat dan melaksanakan kebijakan secara konvergen, akakdemisi melakukan penelitian berdasarkan pokok masalah, dunia industri support akan kebutuhan material, masyarakat yang terlibat sebagai pelaksana, dan media masa dengan upayan membagun konstruksi literasi kepada khalayak umum.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.