STRATEGI PENTAHELIX PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI

Penulis

  • Fikri Tanzil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Teguh Fachmi UIN Sultan Maulana Hasanuddin
  • Ratu Rini Universitas Bina Bangsa
Statistics: Abstrak viewed : 297 times | pdf (English) downloaded : 168 times

Kata Kunci:

Pentahelix, Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Abstrak

Berbagai tantangan dan problematika terus menghampiri pada setiap unsur kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Dalam ranah pendidikan khususnya yang menangani anak usia dini dihadapkan dengan tantangan yang besar seperti persoalan stunting, model pembelajaran inovatif, pemerataan pendidikan rural dan urban, pemerataan kesejahteraan pendidik. Juga disisi lain peserta didik pada jenjang pendidikan pra sekolah ini sedang menghadapi tugas perkembangan yang singkat dan pada masa golden age. Problem dan tantangan yang hadir secara bersamaan perlu penanganan serius dari berbagai unsur termasuk dalam konteks pendidikan islam anak usia dini. Artikel ini mengupas strategi pentahelix pada pendidikan islam anak usia dini dengan  systematic review yang mengolah data dari berbagai hasil penelitian, jurnal dan dokumen tertulis lainnya terkait penyelenggaraan pendidikan islam anak usia dini di seluruh Indonesia. Hasil analisis menyajikan gagasan strategi pentahelix dalam implementasi pendidikan islam anak usia dini. Terdapat lima unsur dalam strategi pentahelix diantaranya pemerintah, akademisi, dunia industri, masyarakat, dan media masa. Pemerintah dengan tugas membuat dan melaksanakan kebijakan secara konvergen, akakdemisi melakukan penelitian berdasarkan pokok masalah, dunia industri support akan kebutuhan material, masyarakat yang terlibat sebagai pelaksana, dan media masa dengan upayan membagun konstruksi literasi kepada khalayak umum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fikri Tanzil, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

I'm delighted if my profession in various projects is called as volunteering. with my education background cocerning on non-normal education and educational psychology, I am interested in the subject of subjective well-being in the context of formal, non-formal and informal education, as well as for people with disadvantage people. It is well known that many of us are in unfortunate conditions, yet I believe whatever the conditions, everyone has a personal meaning in the way of valuing life. I have consistently conducted this interest and curiosity in both research and service. Exploring perception and meaning is a fun and challenging activityty.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-29

Cara Mengutip

Mutaqin, M. F. T. ., Fachmi, T., & Rini, R. (2022). STRATEGI PENTAHELIX PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 230–239. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/7022

Terbitan

Bagian

Articles