Implementasi Pendidikan Karakter Perspektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8153


Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Perspektif IslamAbstrak
ABSTRAK. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya kasus-kasus yang melibatkan pelajar seperti tawuran antar pelajar, pelecehan seksual, minum-minuman keras, narkotika dan lain sebagainya, hal tersebut menandakan bahwa kurangnya dan lemahnya pendidikan moral dan karakter. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan karakter perspektif islam, mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter menurut pandangan umum, mengetahui manajemen pendidikan karakter perspektif islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research), mencari sumber yang relevan sesuai dengan topik pembahasan seperti buku, artikel, jurnal dan dokumentasi lainnya. Teknik analisis terdiri dari pengelompokkan literatur, mengelaborasi hasil pengelompokkan secara ringkas, dan menganalisis isi literatur yang relevan sehingga menjadi paragraf ilmiah. Hasil penelitian ini adalah 1) pendidikan karakter perspektif islam merupakan penyaluran ilmu pengetahuan yang berdasarkan pada akhlak mulia sedari masa pertumbuhan hingga akhir hayat dengan berbagai model pendidikan yang bertujuan membentuk perilaku yang beradab dan berakhlak kepada manusia sehingga patuh dan taat terhadap ajaran islam yang kemudian memberi kekuatan dan kebermanfaatan bagi bangsa dan negara sebagai bentuk pengakuan keberadaan tuhan. 2) manajemen pendidikan karakter menurut pandangan umum yaitu pengelolaan pada sistem pendidikan baik secara nasional, regional, maupun satuan (sekolah) melalui implementasi fungsi-fungsi manajemen agar sesuai dengan
karakter bangsa dan agama sebagai usaha untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dengan memanfaatkan unsur-unsur manajemen secara efisien. 3) manajemen pendidikan karakter perspektif islam adalah untuk mengimplementasikan pendidikan karakter perspektif islam secara efektif dan efisien serta menyeluruh dan utuh dengan pengelolaan yang tepat pada lembaga pendidikan. Dimulai dari menerapkan fungsi-fungsi manajemen serta seluruh unsur-unsur manajemen.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.