Kontribusi disiplin Belajar Terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 11 Kabupaten Tangerang Banten

Penulis

  • evni nuraeni smk Negeri 11 Kab Tangerang
Statistics: Abstrak viewed : 78 times | pdf (English) downloaded : 56 times

Kata Kunci:

Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Kognitif, afektif

Abstrak

Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat disiplin dan  hasil
belajar PAI, 2) kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar, Metode penelitian
adalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasi dan regresi. Populasi berjumlah
180 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan proporsional.
Sampel  sebanyak 72  orang siswa.  Data variabel disiplin belajar diperoleh melalui
angket, data hasil belajar menggunakan dokumen hasil ulangan harian. Uji validitas
instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumen
menggunakan perhitungan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama, tingkat hasil belajar 83,58% termasuk dalam kategori sangat baik; sedangkan
tingkat disiplin belajar 86,22% termasuk dalam kategori sangat baik; . Kedua, terdapat
kontribusi positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar, kontribusinya
sebesar 24%.  Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan melalui peningkatan disiplin belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-04

Cara Mengutip

nuraeni, evni. (2018). Kontribusi disiplin Belajar Terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 11 Kabupaten Tangerang Banten. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 41–54. Diambil dari https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/823

Terbitan

Bagian

Articles