Pendidikan Agama Islam bagi Siswa di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Studi Fenomenologi pada Siswa SMA di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8376


Kata Kunci:
Kata Kunci: Pemaknaan, Fenomenologi, Nilai pendidikanAbstrak
Pendidikan Agama Islam dalam konteks pendidikan formal di Indonesia telah menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional sejak era kemerdekaan. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu elemen penting dalam pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam UU no. 20 tahun 2003. Dalam prosesnya, pendidikan agama yang diperoleh seorang siswa tidak akan terlepas dari tiga lingkungan pendidikan yaitu pendidikan agama di keluarga, di sekolah, dan di masyarakat. Peneliti mencoba memotret fenomena Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa di Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat untuk bisa menjawab adakah makna yang didapat oleh siswa dengan memanfaatkan ketiga lingkungan pendidikan tersebut, terutama pada Pendidikan Agama Islam. Pada dasarnya penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan sejauh mana peserta didik mendapatkan Pendidikan Agama Islam di ketiga lingkungan tersebut dan mengetahui dapatkah peserta didik mengambil pemaknaan dalam mempelajarai Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Sesuai dengan pendekatannya, bahwa akhir dari penelitian ini hanya akan bermuara pada paradigma positivistik. Seperti John Creswell menjelaskan bahwa pendekatan fenomenologi berarti membiarkan gejala-gejala yang disadari tersebut menampakkan diri. Perolehan data atau informasi dilakukan pada Siswa-Siswi SMA di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman siswa dalam menerima Pendidikan Agama Islam di keluarga, sekolah, dan masyarakat berbeda-beda. Pendidikan agama di keluarga lebih ditekankan pada nilai-nilai moral dan etika, sementara di sekolah lebih difokuskan pada pemahaman tentang ajaran Islam. Sedangkan, di masyarakat, pengalaman siswa lebih cenderung terpengaruh oleh lingkungan sekitar yang tidak selalu mendukung pemahaman yang benar tentang agama Islam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islamhttps://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.