Penerapan Metode Drill And Practice Dalam Menghafal Doa-Doa Wudhu Di DTA Nurun Ni’mah
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8409


Kata Kunci:
metode, madrasah diniyah, Drill and Practice, Hafalan doaAbstrak
Seiring dengan munculnya ide-ide pembaruan pendidikan agama dan atas dukungan pemerintah, sebagian lembaga pendidikan keagamaan yang beragam tersebut bersentuhan dengan metode pendidikan klasikal modern yang berprogram.Tidak hanya orang tua yang berperan penting dalam pendidikan anak, tetapi guru sebagai pendidik juga menjadi bagian penting dalam proses menghafal doa anak. Penelitian ini menjelaskan mengenai implementasi metode drill and practice di DTA Nurun Ni’mah. Tahap pelaksanaan metode drill and practice di DTA Nurun Ni’mah yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill and practice memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil hfalan siswa meskipun tidak semua siswa mampu menghafal dengan baik. Tetapi penerapan metode ini membantu guru agar lebih mudah meaksanakan proses pembelajaran menghafal doa. Kelebihan metode drill and practice yang diterapkan di dta nurun ni’mah adalah membantu memperkuat ingatan jangka panjang siswa, memberikan pengulangan yang terus-menerus terhadap materi atau keterampilan yang dipelajari. Sedangkan kelemahannya adalah siswa hanya menghafal atau mengulang tanpa benar-benar memahami konsep atau prinsip yang mendasarinya, dan menyebabkan kejenuhan pada siswa.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.