Teori Belajar Sosial Kognitif Albert Bandura dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8415


Kata Kunci:
Kata kunci: Sosial Kognitif; Albert Bandura; Teori Belajar.Abstrak
Abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori belajar sosial kognitif Albert Bandura dan implementasinya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif berupa studi pustaka atau library research. Data dikumpulkan melalui analisis terhadap buku-buku dan jurnal-jurnal terakreditasi yang relevan dengan permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap reduksi data penulis akan memilah data yang sesuai dengan kajian penelitian yang selanjutnya disajikan melalui kata-kata agar menghasilkan temuan baru. Kemudian penulis merumuskan kesimpulan sebagai verifikasi terhadap temuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa teori belajar social kognitif Albert Bandura relevan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari teori belajar sosial kognitif Albert Bandura dapat digunakan dalam pendidikan agama Islam, teori belajar sosial kognitif Albert Bandura sejalan dengan metode keteladanan dan pembiasaan yang diajarkan Islam, serta adanya proses observational learning dan modeling yang membutuhkan pengulangan dalam penerapannya juga digunakan pada pembelajaran pendidikan agama Islam.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Geneologi: Jurnal Pendidikan Agama Islam agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work, simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal. They will not be made available for any other purpose or to any other party.