URGENSI MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN

Penulis

  • Muhammad Rifqi Zam Zami Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim
  • Muhammad Hafizh Universitas Wahid Hasyim, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9439
Statistics: Abstrak viewed : 390 times | pdf (English) downloaded : 510 times

Kata Kunci:

Modernisasi, Sistem Pendidikan Islam, KH. Hasyim Asy’ari

Abstrak

Permasalahan pendidikan Islam dinilai kompleks untuk ditelaah dan harus dilaksanakan sesuai dengan konteks modernisasi. Permasalahan yang sering timbul adalah sistem pendidikan yang terkesan klasik dan menimbulkan sikap skeptis masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang telah ada. KH. Ahmad Dahlan merupakan tokoh modernisasi pendidikan Islam dan pemikiran beliau dapat menjadi acuan bagi seluruh lembaga pendidikan Islam di Indonesia untuk selalu melakukan modernisasi sistem pendidikan Islam sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian yang kami laksanakan pada proses penulisan ini menggunakan metode kualitatif (library research), sumber data berasal dari beberapa literatur dan penyajian data serta analisisnya disajikan secara deskriptif. Model penelitian ini akan memberikan petunjuk bagi penulis untuk menemukan konsep modernisasi sistem pendidikan Islam perspektif KH. Ahmad Dahlan dalam modernisasi sistem pendidikan Islam. Bahwasanya modernisasi sitem pendidikan merupakan sebuah keniscayaan agar lembaga pendidikan Islam dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga output yang dihasilkan dari lembaga pendidikan Islam dapat mencapai tujuan pendidikan yaitu menghasilkan individu yang berkarakter, berilmu dan pluralistik dalam meyakini agama serta mampu memahami isu-isu kontemporer dan pada akhirnya akan menghilangkan sikap skeptis masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhammad Hafizh, Universitas Wahid Hasyim, Semarang

Abdullah, N. (2017). K.H. Ahmad Dahlan (Muhammad Darwis). Jurnal Sosiologi Agama, 9(1), 22. https://doi.org/10.14421/jsa.2015.091-02

Achmad, G. H. (2021). Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan terhadap Problematika Pendidikan Islam. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 43294339. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1319

Basri, H. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Malang: Literasi Nusantara.

Indrawarti, L., & Efendi, M. H. (2022). Lentera dalam Kata: Kumpulan Artikel, Esai dan Puisi. Malang: MNC Publiching.

Karimi, A. F. (2012). Pemikiran dan Perilaku Politik Kiai Haji Ahmad Dahlan. Gresik: MUHI Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Budaya RI.

Kurniawan, S., & Mahrus, E. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Mukhtarom, A. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan. Bandung: Desanta Publisher.

Mustofa, I. (2018). KH. Ahmad Dahlan si penyantun. Yogyakarta: Diva Press.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Nimah, Z. A. (2014). Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan (1869-1923 M) dan KH. Hasyim Asyari 1871-1947) M): Study Komparatif dalam Konsep Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Didaktika Religia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.136

Nizar, S. (2005). Filsafat Pendidikan Islam Historis Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Ramayulis, & Nizar, S. (2010). Ensiklopedia Tokoh Pendidikan Islam (Mengenal Tokoh Pendidikan Islam di Dunia dan Indonesia. Jakarta: Quantum Teaching.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Suharto, T. (2014). Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuliasari, P. (2014). Relevansi konsep pendidikan islam kh. ahmad dahlan di abad 21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 3(1), 4564. https://doi.org/https://doi.org/10.51226/assalam.v3i1.53

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Zam Zami, M. R., & Hafizh, M. (2023). URGENSI MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 171–182. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i2.9439

Terbitan

Bagian

Articles