Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Mardiah Kalsum Nasution Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta
Statistics: Abstract viewed : 5559 times | PDF downloaded : 8477 times

Keywords:

Metode pembelajaran, hasil belajar, madrasah, proses pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa di sekolah, peningkatan prestasi atau hasil belajar siswa menjadi tujuan utama dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian dilakukan terhadap guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan, untuk kebutuhan penelitian alat pengumpulan data menggunakan angket, data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi, dari penelitian ini didapati bahwa metode pembelajaran dan hasil belajar siswa berada dikategori medium, serta terhadap hubungan yang kuat antara metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan adanya penggunaan metode pembelajarna yang tepat dan baik oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta

Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta

Downloads

Published

2018-03-27

How to Cite

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Issue

Section

Articles