Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa


Keywords:
Metode pembelajaran, hasil belajar, madrasah, proses pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa di sekolah, peningkatan prestasi atau hasil belajar siswa menjadi tujuan utama dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian dilakukan terhadap guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan, untuk kebutuhan penelitian alat pengumpulan data menggunakan angket, data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi, dari penelitian ini didapati bahwa metode pembelajaran dan hasil belajar siswa berada dikategori medium, serta terhadap hubungan yang kuat antara metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan adanya penggunaan metode pembelajarna yang tepat dan baik oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah.